Berita AktualBerita Olahraga

6 Pecatur Lampung Uji Tanding dengan Pecatur 3 Provinsi

BANDARLAMPUNG, beritaindonesianet-enam pecatur putra Lampung turun dalam uji tanding melawan para pecatur handal dari tiga provinsi di Pulau Jawa: DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Uji tanding digelar selama dua hari (26-27 Oktober 2019) di kolam pemancingan Taman Santap Rumah Kayu, Bandarlampung.

Sekretaris Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Lampung Aria Khalief, mengatakan, uji tanding itu bagian dari persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera tahun 2019 di Provinsi Bengkulu 2 hingga 10 November mendatang.

Porwil Sumatera di Bengkulu merupakan ajang seleksi cabor catur putra untuk lolos ke PON 2020. Sedangkan untuk putri, seleksi dilakukan melalui ajang Pra PON yang akan dihelat di Provinsi Sumatera Utara pada 20 sampai 27 November mendatang. Saat ini, tim catur putri Lampung sedang mengikuti kejurnas di Kota Ambon, Maluku.

“Uji tanding ini untuk mengetahui progres hasil pembinaan jelang Porwil nanti. Sehingga bisa kita ketahui, kekurangan apa saja yang harus dibenahi untuk meraih prestasi maksimal para pecatur kita nanti di Porwil Bengkulu,” kata Aria.

Menurut Aria, dari hasil uji tanding tersebut, secara umum ada peningkatan kemampuan teknik para pecatur Lampung. “Secara umum ada peningkatan, walau pun masih ada yang harus terus diperbaiki terkait penerapan teknik dan strategi pertandingan. Kita sengaja memilih lawan uji tanding para pecatur dari pulau Jawa, khususnya DKI Jakarta dan Jawa Barat karena memang menjadi barometer prestasi cabor (cabang olahraga) catur nasional,” urai Aria.

Percasi Lampung optimistis bisa meraih prestasi makasimal pada porwil Sumatara dan meloloskan nomor beregu putra cabor catur ke Pekan Olahraga Nasoinal tahun 2020 mendatang.

Cabor catur putra pada porwil tahun ini hanya memperbutkan dua medali emas dan dua perak yang dibagi menjadi nomor beregu dan perorangan. Peraih medali emas dan perak Porwil dari masing-masing nomor otomatis lolos ke PON. Peringkat tiga dan empat, harus mengikuti play-off melawan peringkat yang sama dari lima wilayah Porwil.

“Kalau untuk nomor perorangan sepertinya tidak ada masalah untuk lolos ke PON. Karena itu, di porwil ini kita targetkan bisa juga meloloskan nomor beregu putra dan kita optimistis,” tegasnya.

Ada tiga provinsi yang menjadi pesaing berat tim catur putra Lampung pada Porwil di Bengkulu. “Lawan berat kita untuk nomor beregu di Porwil nanti, Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan.

Pada PON tahun 2016 di Provinsi Jawa Barat, Percasi Lampung hanya bisa menurunkan atlet putra dari nomor perseorangan. Berikut daftar nama Pecatur Putra Lampung yang akan turun pada ajang Porwil Bengkulu, Sumatera tahun 2019:

Nomor Beregu:

Guritno

Kevin

Sinwa

Iksan

Nomor perseorangan: Adi Margana.(mba)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"