Berita AktualBerita Daerah

Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, PWI Banten Gelar KLW di JBS

CILEGON, beritaindonesianet-Untuk melahirkan kader wartawan yang profesional, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten gelar Karya Latih Wartawan (KLW) tahun 2019 untuk tingkat dasar dan tingkat lanjut yang dilaksanakan di Journalist Boarding School (JBS) atau Pusdiklat PWI Banten di Lingkungan Krotek, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Kamis (4/7/2019).

KLW PWI Banten 2019 yang diikuti sebanyak 41 wartawan dari kota/kabupaten se-Banten ini bertujuan sebagai kaderisasi anggota baru bagi peserta KLW tingkat dasar dan kenaikan tingkat keanggotaan bagi peserta KLW tingkat lanjut.

Ketua Pelaksana KLW PWI Banten Ahmad Fauzi Chan mengatakan KLW yang merupakan program kerja PWI Banten ini menjadi representasi bagi wartawan yang malekukan peliputan di wilayah Provinsi Banten.

“Mudah-mudahan KLW ini bisa jadi representasi bagi wartawan se-Banten, semoga semua diberi kelancaran dan lulus dalam mengikuti ujian KLW,” ujar Ichan.

Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra dalam sambutannya mengatakan PWI sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers bertanggung jawab untuk melahirkan kader wartawan yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik dalam setiap kegiatan jurnalistik.

“KLW ini merupakan program PWI dan merupakan proses kaderisasi bagi anggota PWI di Provinsi Banten. Berangkat dari KLW ini kawan-kawan (wartawan) sudah bisa mulai berorganisasi di PWI,” tutur pria yang akrab disapa Opan.

Opan juga mengatakan, wartawan merupakan profesi yang memilki martabat, sehingga sebagai seorang pencari berita, wartawan harus tergabung dengan salah satu organisasi profesi yang memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers.

“Sebagai seorang pencari berita, wartawan harus jelas memilih organisasi resmi, salah satunya adalah PWI yang telah memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers. Tergabung dalam organisasi wartawan ini supaya wartawan punya kepastian hukum ketika ada masalah,” ungkapnya.

Selain kegiatan KLW, Opan juga menjelaskan selanjutnya program yang akan dilaksanakan oleh PWI Banten adalah meningkatkan mutu dan kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Selain KLW, dalam waktu dekat PWI Banten juga akan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan untuk meningkatkan mutu dan kualitas wartawan yang kompeten. Selain itu JBS ini juga merupakan Pusdiklat dari PWI Banten, jadi nanti pelatihan akan kita pusatkan disini, kita juga sudah mempersiapkan LKBH untuk memberikan bantuan hukum kepada wartawan yang telah tergabung di PWI jika menghadapi permasalahan hukum kedepannya,” tutur Opan. (Aro)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"