Pemkab Serang MoU dengan UPN Veteran Tingkatkan Inovasi dan Pelayanan

SERANG, beritaindonesianet-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali melakukan penandatanganan kerja sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN) dalam upaya peningkatan inovasi dan pelayanan terhadap masyarakat. Kali ini, penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dilakukan antara Pemkab Serang dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran-Jakarta di ruang KH Syam’un, Setda Pemkab Serang, Senin (8/4).

Rektor UPN Veteran, Dr Erna Hernawati mengatakan, pihaknya siap membantu program Pemkab Serang sebagai komitmen perguruan tinggi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. “Kami menjadi PTN sejak 2014, memiliki tujuh fakultas. Kami siap membantu Pemkab Serang dalam berbagai bidang program,” kata Erna.

Menurutnya, UPN siap memfasilitasi pembangunan website dan tata kelola pemerintahan desa berbasis informasi teknologi (IT). “Diharapkan kami bisa membantu Pemkab Serang memberikan layanan cepat kepada masyarakat. Kemudian banyak program lain yang bisa kami lakukan, untuk meningkatkan IPM Kabupaten Serang,” ujarnya.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi niat baik UPN Veteran dalam membantu Pemkab Serang menyejahterakan masyarakat. Apalagi saat ini, kata Tatu, era otonomi daerah telah memberikan banyak kewenangan kepada daerah, tetapi masih banyak memiliki keterbatasan. “Kami harus memetakan potensi dan masalah. Kami harus bersinergi, salah satunya dengan perguruan tinggi,” ujarnya.

Tatu menilai, soal tata kelola keuangan desa, Pemkab Serang sudah terkoneksi dengan Sistem Keuangan Desa (Siskudes) yang terintegrasi ke BPKP dengan sistem online. “Alhamdulillah dalam sistem keuangan desa, Kabupaten Serang sudah lebih baik. Bahkan menjadi rujukan nasional. Banyak daerah yang menimba ilmu soal keuangan desa ke Kabupaten Serang,” ujarnya.

Ia meminta UPN Veteran membantu inovasi pembangunan, bersama menekan angka pengangguran, serta meningkatkan pengembangan UMKM. “Dalam pelaksanaanya nanti, kami minta kita fokus terhadap masyarakat yang sangat signifikan. Kami siap bersinergi menciptakan inovasi, dan saya minta organisasi perangkat daerah di Pemkab Serang memanfaatkan kerja sama ini,” ujarnya.(*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"