Berita AktualBerita Daerah

Gubernur Banten Apresiasi Bupati dan Forkompinda

SERANG, beritaindonesianet-Menanggapi apresiasi dari Pemerintah Pusat soal penanganan bencana tsunami di Banten beberapa waktu yang lalu. Gubernur Banten Wahidin Halim juga menyampaikan apresiasinya dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Bupati/Walikota se-Banten, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), TNI/Polri, relawan dan semua komponen masyarakat Banten atas penanganan Bencana Tsunami Selat Sunda akhir tahun lalu.

Gubernur mengatakan penanganan bencana berjalan lancar. “Ini berkat kerja keras semua. Saya sampaikan ucapan terima kasih BupatiWalikota se-Banten, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), TNI/Polri, relawan dan semua komponen masyarakat Banten,” ujar Gubernur, Kamis, (29/3), sesaat setelah penutupan Rapat Kerja (Raker) Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama (FKD)-MPU XIX bertempat di Hotel Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat.

Ini membuktikan jika apa yang menjadi amanah Mendagri pada saat Raker kemaren dapat diterapkan di Provinsi Banten, ketika ada satu daerah yang terkena bencana seluruh pemerintah daerah di Prov Banten ini serta merta membantu wilayah yang terkena dampak bencana. Karena dalam amanahnya mendagri menyampaikan jika salah satu yang menjadi perhatian pusat adalah adanya jalinan dan kolaborasi antar daerah di Indonesia terutama dalam hal penanganan bencana yang kerap terjadi di Indonesia dan memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi.

“Bagi saya kerjasama dan soliditas baik koordinasi antara TNI, Polri, BNPB, Basarnas dan pemerintah harus komitmen. Baik itu penganggaran, kesiapan personil dan lainnya. Jadi jika terjadi musibah kita bisa cepat menanggulangi,” kata Gubernur WH.

Sebagai daerah yang pernah mengalami bencana tsunami, Banten tentunya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanganan pasca bencana.

“Dukungan pusat luar biasa, begitu juga, pemeritah daerah, masyarakat, semua lembaga turun bersama-sama dengan pemda bahu membahu. Jadi itu salah satu respon yang menurut saya sangat baik dan luar biasa, semua saling membantu,” ucapnya.

Gubernur menjelaskan, penanganan bencana Tsunami beberapa waktu yang lalu di Banten, yang ia pimpin langsung ke lokasi kejadian dari sejak hari pertama. Demikian juga Bupati Pandeglang dan Bupati Serang, yang terkena langsung dampak bencana. Selain itu, Bupati/Walikota di Banten lainnya turut memberikan bantuan. “Ini adalah salah satu bukti hadirnya Pemerintah yang berada di sekitar korban yang terkena bencana,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat mengapresiasi Gubernur Banten Wahidin Halim atas kesigapan Pemerintah Provinsi Banten dalam penangangan peristiwa bencana Tsunami yang terjadi di Banten akhir tahun lalu. Apresiasi Pemerintah Pusat ini disampaikan Menteri Dalam Negeri saat membuka yang berlangsung sejak hari Selasa – Kamis (26-28/3/19).(*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"