Bupati Serang Raih Penghargaan IVL 2019

 

JAKARTA, beritaindonesianet-Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meraih penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) 2019 dari Koran Sindo dan Sindonews karena dinilai memiliki visi dan arah program masa depan dalam pembangunan daerah. Penghargaan diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo pada Silaturahmi Nusantara di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (29/3) malam.

Ketua Dewan Juri Indonesia Visionary Leader, Soni Sumarsono mengatakan, dalam ajang ini terdapat empat dewan juri yang tidak ada satu pun berasal dari Sindo. Dia pun menjamin proses penilaian dilakukan dengan akuntabel. “Alhamdulillah, Sindo mengintervensi sedikit pun hasil penilaian tim juri,” kata Soni dalam sambutanya.

Dia menjelaskan, terdapat beberapa aspek yang menjadi penilaian dewan juri. Antara lain, seberapa jauh kepala daerah bisa menghubungkan penjabaran visinya dengan semangat Pancasila. Hal itu bertujuan untuk memperkokoh semangat persatuan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi negara, “Kepala daerah dapat menjabarkan kalimat dalam visi tersebut dalam berbagai program yang telah diperinci,” ujar Soni.

Aspek selanjutnya, seberapa jauh visi kepala daerah bisa menjadi program kerja secara konkret. Walaupun kepala daerah hanya bekerja lima tahun, namun dampaknya bisa 10 hingga 25 tahun dilihat masyarakat. “Faktor ekonomi, leadership, komunikasi politik, yang dilakukan kepala daerah sekalian itu menentukan,” tuturnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menilai, kepala daerah harus punya inovasi, terutama dalam pelayanan publik. Kemudian mampu menciptakan iklim ekonomi yang kondusif. “Sinergi dan konektivitas penting bagi daerah. Sementara upaya pemerintah pusat yakni mengembangkan kerja sama antar daerah serta peningkatan dan inovasi pelayanan publik,” ujarnya.
Tjahyo menilai, sejumlah kepada daerah yang mengikuti program IVL, sudah mampu menjalankan e-goverment dengan baik. “Kami meminta, seluruh daerah terus berinovasi dan bekerja sama dengan pers. Jangan takut kritik. Pembangunan ke depan, membutuhkan kepala daerah yang terus berinovasi,” ujarnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku tertarik mengikuti IVL karena bisa menguji visi misi Pemkab Serang yang saat ini fokus pada peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Dalam pemaparan kepada tim juri, akhir tahun lalu, Tatu menjelaskan program prioritas pembangunan pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur 100 kilometer jalan beton, mendapat apresiasi dari tim juri. Selain itu, program pembangunan bidang keagamaan berupa pembangunan Islamic Centre Syech Nawawi Albantani, juga mendapat apresiasi,” ujarnya.

Menurut Tatu, penghargaan bukan tujuan utama Pemkab Serang dalam menjalankan program pembangunan daerah. “Paling penting, pengharhaan ini menjadi motivasi bagi kami. Untuk terus bekerja dengan baik, serta konsisten menjalankan program yang berorientasi jangka panjang,” ujarnya.(*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"