Berita AktualBerita Internasional

Korut Sebar Poster Propaganda Olimpiade ke Korsel

Internasional – Korea Utara mengirimkan poster berisi propaganda ke Korea Selatan untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang yang akan dimulai pada 9 Februari mendatang.

“Selamat datang, para tamu dari Pyongyang!” demikian tulisan dalam sejumlah selebaran yang ditemukan di pegunungan di Seoul pada Sabtu (3/2) pagi.

Tak hanya sambutan bagi atlet dan para pejabat, selebaran itu juga berisi sindiran. Dalam salah satu poster, misalnya, terlihat maskot Olimpiade berdiri berdampingan sambil memegang tulisan, “Ayo pergi ke Kaesong! Ayo pergi ke Gunung Kumgang!”

Kaesong adalah zona industri gabungan Korut-Korsel yang ditutup oleh Seoul pada 2016 sebagai tanda protes atas program senjata nuklir Pyongyang.

Sementara itu di Kumgang, terdapat proyek kerja sama pariwisata kedua negara yang terbengkalai sejak 2008, ketika turis Korsel ditembak oleh penjaga Korut.

Poster propaganda ini kembali menimbulkan tanda tanya besar akan kemungkinan rujuk kedua negara yang awalnya diprediksi bakal terjadi melalui jalur diplomasi olahraga ini.

Harapan itu mulai muncul ketika pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, menyiratkan keinginan negaranya untuk ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin. Sejak saat itu, kedua negara sudah melakukan sejumlah pertemuan untuk membahas teknis pengiriman atlet Korut ke Korsel.

Korut dan Korsel bahkan sepakat untuk berpawai di bawah bendera unifikasi ketika mengikuti pembukaan Olimpiade di Pyeongchang tersebut.

Namun belakangan, Korut membatalkan penampilan kebudayaan gabungan dengan Korsel karena sejumlah pemberitaan tak menyenangkan dari media Seoul.

Korut bahkan tetap menggelar parade militer besar-besaran ini walau hanya berselang sehari sebelum perhelatan Olimpiade Musim Dingin digelar pada 9 Februari. (nat)