500 Penduduk Miskin Banten Dapat Beras Gratis Tiap Bulan

Serang – Lima ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)di sejumlah kabupaten kota di Provinsi Banten  mendapatkan bantuan sosial pangan dari pemerintah setiap bulannya pada tahun 2018 ini. Namun berbeda dengan tahun 2017 lalu, dimana bantuan yang disebut Rastra atau beras Sejahtera masih harus ditebus, untuk tahun ini pemerintah memberikannya secara gratis.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Serang Fansuri mengungkapkan pihaknya mulai menyalurkan beras ke ratusan KPM  ini sejak awal Februari ini. “Mudah-mudahan penyalurkan bansos pangan ini bisa membantu masyarakat yang menghadapi tingginya harga sembako terutama beras,” ujarnya, kemarin.

Sementara Kepala Bidang Penangan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Banten Emed Hamami mengungkapkan jika pemberian bansos untuk tahun 2018 ini berupa tunai dan non tunai.

“Khusus non tunai, kami memberikan beras senilai seratus ribuan kepada KPM setiap bulannya selama tahun 2018,” katanya.

Menurut Emed, saat ini ada tiga kabupaten kota di Provinsi Banten yang mendapatkan bantuan sosial beras ini. Sementara 4 kabupaten kota mendapatkan penyaluran bansos tunai, dan sisanya satu kabupaten dalam tiga bulan pertama mendapatkan bansos non tunai dan selanjutnya bansos tunai.

“Kami berharap pihak kecamatan dan desa atau kelurahan bisa memberikan data yang valid sehingga pelaksanaan di lapangan nantinya tidak menimbulkan masalah,” tandasnya. (hen)