Berita AktualBerita Internasional

Korban Teror Barcelona Bertambah Jadi 14 Orang

Internasional – Korban tewas serangan teror di Barcelona bertambah menjadi 14 orang, setelah seorang wanita yang terluka parah karena insiden di Cambrils meninggal dunia.

Polisi telah menembak lima orang pelaku peyerangan di Cambrils. Serangan tersebut hanya berjarak delapan jam dari serangan simpatisan ISIS di Barcelona pada Kamis (17/8) sore.

Mengutip AFP, akibat dua serangan itu, 14 orang tewas dan ratusan lainnya terluka. Pemerintah daerah Catalan menyebutkan bahwa korban tewas dan terluka berasal dari 24 negara.

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Madrid menyatakan tidak ada WNI yang menjadi korban, baik korban meninggal maupun luka.

Pada Jumat, warga Barcelona berkumpul di Plaza de Catalunya guna mengheningkan cipta bagi para korban tewas. Acara mengheningkan cipta itu juga dihadiri Raja Spanyol Felipe VI dan Perdana Menteri Mariano Rajoy. Selain itu terlihat juga Kepala Pemerintah Daerah Catalan Carles Puigdemont.

Tidak berapa lama usai mengheningkan cipta, warga yang berkumpul di Plaza de Catalunya mulai meneriakkan jargon “kami tidak takut”, bahkan beberapa diantara mereka membawa poster dan spanduk yang menunjukkan solidaritas dan tekad melawan teror.

Serangan ganda terjadi di Barcelona dan Cambrils dalam selang waktu delapan jam. Kedua serangan dilakukan oleh pelaku yang mengemudikan mobil ke arah kerumunan.

Polisi menembak mati lima ‘terduga teroris’ di Cambrils dan menangkap tiga orang terkait insiden tersebut, namun pelaku penyerangan di Las Ramblas, Barcelona masih buron. (les/cnn)