Berita AktualBerita Internasional

Jelang Lebaran, Saudi Gagalkan Upaya Teror di Masjidil Haram

Internasional – Dua hari menjelang perayaan Idul Fitri, aparat keamanan Arab Saudi berhasil menggagalkan upaya seorang pria yang ingin melakukan aksi bom bunuh diri di Masjidil Haram.

Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan, aparat mengepung pria tersebut di sebuah rumah di Ajyad al-Masafi, Mekkah, pada Jumat (25/6/2017).

Menolak untuk menyerahkan diri, pria tersebut sempat terlibat baku tembak dengan aparat hingga akhirnya meledakkan dirinya sendiri.

Akibat baku tembak tersebut, rumah tempat penyergapan terjadi itu runtuh, melukai enam warga asing dan lima personel pasukan keamanan.

Kemdagri juga melaporkan, ada tiga sel teror yang merencanakan serangan terhadap jemaah dan pasukan keamanan di Masjidil Haram menjelang berakhirnya Ramadan.

Sebelumnya, di hari yang sama, pasukan keamanan menembak mati seorang buron militan di persembunyiannya di daerah Al-Aseelah, Mekkah. Sel ketiga juga sudah dilumpuhkan di Kota Laut Merah.

Hingga kini, belum jelas latar belakang ketiga sel militan tersebut. Namun selama ini, kelompok militan ISIS kerap merencanakan serangan di Mekkah.

Pada Mei tahun lalu, pasukan keamanan Saudi menembak mati dua anggota ISIS di Mekkah, sementara dua militan lainnya meledakkan diri di dekat kota tersebut. (has/cnn)