Paslon WH-Andika Menangkan Pilkada Banten

Serang, beritaindonesianet- Pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumi terpilih sebagai Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017-2021 setelah unggul tipis 50,5 persen dibandingkan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif yang hanya 49,5 persen. Berdasarkan Quick Count jaringan Lembaga Survey Indonesia (LSI) Network, pasangan WH-AA hanya unggul di Kota Tanggerang B dengan jumlah yang cukup telak sedangkan pasangan RK-Embay unggul tipis di semua kabupaten kota lainnya.

Menurut Sunarto Ciptoharjono, Direktur PT Lingkaran Survei Kebijakan Publik (LSKP), yang merupakan bagian LSI Network, kemenangan pasangan Wahidin Halim – Andika Hazrumi berasal dari Kota Tanggerang B yang terdiri dari Kecamatan Cipondoh, Ciledug, Pinang, Karang Tengah, dan Larangan dengan perolehan suara 71,11 persen. Wilayah ini merupakan basis massa Wahidin Halim, yang sebelumnya memang menjadi Walikota Tanggerang. “Di semua kabupaten kota pasangan RK-Embay menang tipis tapi di Kota Tanggerang, pasangan WH-Andika menang telak.”

Meskipun hanya Tanggerang, kata Sunarto, wilayah Tanggerang Raya merupakan battleground pertandingan. “Karena di wilayah ini jumlah pemilih mencapai 52 persen dari total pemilih di Provinsi Banten.”

Meskipun demikian, Sunarto atau yang lebih dikenal sebagai Denny JA mengatakan jika hasil quick count ini bukanlah hasil final. “Margin eror kita plus minus 1 persen. Tapi dengan perbedaan tipis ini belum bisa disimpulkan siapa yang menang. Kita tunggu real count penghitungan KPU.”

Sunarto menjelaskan quick count mereka menggunakan sampel 240 TPS yang diambil secara acak dari 16.540 TPS yang ada di seluruh wilayah Banten. Mereka juga menghitung angka partisipasi pemilih saat ini 61,79 persen dari 7.734.485 pemilih.

Kemenangan pasangan WH-Andika yang unggul tipis dibandingkan pasangan Rani Karno-Embay Mulya Syarif juga diumumkan oleh lembaga survey Indo Barometer dan Indikator.

Sementara itu, Ketua KPU Banten Agus Supriatna menjelaskan jika hingga Rabu pukul 17.30, sistem hitung cepat atau situng mereka baru mengitung 43 dari 16.540 TPS. “Hasil sementara situng, pasangan RK yang menang, tapi kita tunggu hasil akhir situng yang insya Allah besok selesai.” (henny)