Berita AktualBerita DaerahBerita Pendidikan

Rektor Untirta: Kami Siap Kelola Akper Pemda

Serang – Akademi Perawat (Akper) Pemda Kabupaten Serang akan segera beralih pengelolaannya ke pihak Universitas Tirtayasa (Untirta) Serang, Banten. Selama ini, operasional akademi ini masih mempergunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang. Karena itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap agar dalam masa peralihan pengelolaan Akper ini segala hal yang menyangkut administrasi dan aset bisa diurus secara optimal.

“Saya berharap agar pasca pengalihan tahun 2018 mendatang pihak Untirta sudah siap untuk melakukan pengelolaan, tanpa bantuan anggaran pemkab lagi,” imbuh Tatu, usai menghadiri seminar etika dan aspek legalnya dalam pelayanan keperawatan yang berlangsung di salah satu Hotel di Kota Serang, Selasa (19/10/2016).

Sementara Rektor Universitas Tirtayasa atau Untirta, Soleh Hidayat, mengaku pihaknya siap mengelola Akper. “Kami memang berencana membuat fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan,” kata Soleh.

Soleh mengakui hingga saat ini pihaknya memang masih merekrut tenaga pendidik. Pelimpahan pengelolaan ini dilakukan setelah adanya edaran mengenai wewenang lembaga pendidikan, di mana lembaga pendidikan se-tingkat sekolah tinggi wewenangnya diambil alih Dikti sedangkan SMA sederajat diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah provinsi. (Henny)