Baznas Kabupaten Serang Salurkan Zakat Rp1,2 M

Serang – Rp1,2 miliar zakat profesi dan penghasilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Serang disalurkan oleh badan amil zakat nasional atau Baznas kepada warga tak mampu di kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Serang.

Pemberian zakat ini tidak diberikan berupa uang tunai melainkan berupa program pembangunan masjid atau mushola, perbaikan rumah tidak layak huni  (RTLH), dan juga pembagian air bersih.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku zakat yang dibagikan ini sebagian besar dari zakat para PNS Kabupaten Serang.

“Saat ini juga kami sedang mengusahakan pengumpulan zakat para buruh di perusahaan yang sebelumnya sudah dibuatkan nota kesepakatannya,” kata Tatu, kemarin.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Serang Wardi Muslich mengaku saat ini pihaknya belum maksimal mengumpulkan zakat. Padahal potensi zakat ini cukup besar terutama dari buruh.

“Kendala kami saat ini dalam mengumpulkan zakat buruh ini terutama pada manajemen perusahaan yang sering melakukan penolakan,” ungkap Wardi

Dari bulan Januari hingga bulan September tahun 2016 ini, zakat yang berhasil dikumpulkan Baznas mencapai 7 miliar.

“Jumlah ini masih belum maksimal, karena Baznas menargetkan pengumpulan zakat hingga 10 miliar pada bulan Desember mendatang, katanya. (Henny)