Jumlah PPKL Banten Masih Minim

Serang Ratusan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan atau PPKL dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Banten mendapatkan pelatihan dan pembekalan pengetahuan tentang seputar pendampingan koperasi. Dalam acara pembinaan dan pengembangan pusat layanan UKM terpadu atau PLUT, dan pengembangan kapasitas petugas penyuluh koperasi lapangan di Gedung Plut Kota Serang, Banten, para peserta tidak hanya mendapatkan materi dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten saja, tetapi juga dari sejumlah perusahaan swasta yang ada.

Menurut Kepala Seksi Permodalan Jasa Keuangan, yang juga panitia acara, Arif Rahman, saat ini jumlah PPKL yang ada di Provinsi Banten memang masih minim, dan tidak seimbang dengan jumlah koperasi yang ada. “Karena itu, untuk mengatasinya kami memberikan pelatihan dan pembekalan pengetahuan kepada para PPKL danpendamping koperasi lainnya,” kata Arif Rahman,  Kamis (12/5/2016).

Saat ini, ada 6.142 koperasi yang tersebar di Provinsi Banten. Dari jumlah ini, hanya 4.168 saja yang aktif dan sehat, sedangkan 1.972 sisanya tidak aktif baik karena kurangnya sumber daya manusia, kurang modal, dan kendala lainnya. “Karena itu, mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini permasalahan koperasi-koperasi yang ada bisa dibina oleh para petugas yang dilatih sehingga bisa sehat dan aktif kembali,” pungkasnya. (Henny)