Berita AktualBerita DaerahBerita Pendidikan

Tahun Ini, Untirta Akan Terima 3.800 Mahasiswa Baru

Serang  – Tahun akademik 2016/2017, sebanyak 3.800-an kuota mahasiswa baru di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang Banten bakal diperebutkan melalui tiga jalur yaitu, seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Untirta.

“Kuota penerimaan mahasiswa baru mencapai 3.800 orang melalui tiga jalur SNMPTN kuotanya 40 persen, SBMPTN kuotanya 30, dan seleksi mandiri 30 persen yang nantinya akan mengisi 38 jurusan di 6 fakultas,’’ kata Kasub-Bag Humas Untirta Agus Tiar Halwany kepada Liputanbanten.com, Selasa (12/4/2016).

Agus menjelaskan, calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur SNMPTN tidak dilakukan tes, melainkan nilainya ditentukan dari nilai rapor yang dimasukkan ke PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Sementara untuk jalur SBMPTN dan Mandiri, sesuai ketentuan Kemenristek -Dikti, calon peserta bisa memilih teknis tes, mau tes tulis biasa atau menggunakan sistem computer.

“Siswa pun harus memiliki prestasi unggul. Seperti, masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah,” terangnya.

Akreditasi sekolah juga berpengaruh terhadap proses penerimaan mahasiswa melalui jalur undangan atau SNMPTN. Dia menjelaskan, peserta yang tidak lolos dalam SNMPTN dan SBMPTN bisa mengikuti seleksi masuk Unair lewat jalur mandiri.

“Untuk calon peserta SNMPTN akan diumumkan pada 10 Mei 2016. Dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah. Sekolah berakreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya. Akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya. Akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya. Akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya,” pungkasnya. (Iqbal)