Dinsos Tawarkan Program Penderita Disabilitas Mandiri

Serang Pemerintah Daerah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial ternyata mempunyai program bantuan untuk penderita disabilitas mandiri yang berasal dari keluarga tidak mampu. Program ini diberikan untuk warga yang cacat tubuh tetapi masih mempunyai kemampuan berpikir, dan mempunyai kemauan untuk berusaha.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Ino S Rawita, mengaku pihaknya memang meng-anggarkan dana bantuan untuk warga tidak mampu bukan hanya untuk warga dengan kondisi fisik normal saja, tetapi juga warga cacat yang masih produktif.

“Bantuan ini berupa peralatan dan juga pembinaan dan pelatihan keahlian sesuai dengan minat dan kemampuan penderita disabilitas,” kata Ino, kemarin.

Karena itu, Ino menawarkan warga yang belum terdaftar dalam program ini untuk menghubungi kantor Dinas Sosial Kabupaten Kota atau pun petugas TKSK, tenaga kesejahteraa sosial tingkat
kecamatan, dinas sosial yang berada di kecamatan-kecamatan.

Menurut Ino, pihaknya saat ini secara intensif mempunyai program pelayanan kesehatan keliling yang dilakukan secara bersama dengan dinas kesehatan. Karena itu, jika ada warga tidak mampu yang sakit atau pun warga penderita disabilitas bisa berobat dengan petugas puskesling ini.

“Nantinya, jika penderita sudah sembuh dan mampu serta mau mempunyai usaha agar mandiri, mereka bisa diverifikasi agar bisa mendapatkan bantuan program bantuan penderita disabilitas mandiri ini,” pungkasnya. (Henny)