Berita AktualBerita DaerahBerita EkonomiBerita Lingkungan

Ribuan Hektar Sawah Kasemen Nyaris Gagal Panen

Serang Serangan cuaca buruk angin puting beliung dan sejumlah jenis hama menyerang ribuan hektar sawah di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Padahal, tanaman padi ini diprediksi akan panen tiga pekan mendatang.

“Hama yang menyerang saat ini bukan cuma hama ulat, tetapi juga belalang, wereng, dan juga hama keong,” kata Wardina, salah satu petani, kemarin (4/3/2016).

Untuk menyelamakatkan padi, para petani tidak saja mengambili  hama ini dengan tangan saja, tetapi juga mempergunakan berbagai obat anti hama.

Sementara Danramil Kasemen Sapta Wistara Jaya mengaku pihaknya mengintensifkan bantuan. “Kami mengintensifkan bantuan terutama tenaga agar bisa menyelamatkan hasil panen petani,” katanya.

Menurut Danramil, tahun ini diprediksi menjadi panen raya perdana. “Tahun ini sepertinya panen raya setelah tahun lalu ribuan hektar tanaman padi di kecamatan ini  gagal panen akibat kekeringan,” ungkapnya.

Sebelumnya, untuk menolong tanaman padi akibat kekeringan, pihak Kodim 0602 Serang dan Koraramil Kasemen melakukan normalisasi saluran irigasi sehingga air yang sempat terhambat akibat tingginya penumpukan lumpur akhirnya mengalir kembali. (henny)