Polda-Korem Banten Siaga Amankan Natal-Tahun Baru

Serang-Jajaran Polda Banten dan Korem 064 Maulana Yusuf Banten siaga mengamankan perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2016 nanti. Sebanyak 1.500 personel Polda Banten bahkan akan dikerahkan dalam pengamanan Operasi Lilin Kalimaya 2016.

Dalam pengamanan ini, pihak kepolisian bersama TNI dan sejumlah dinas terkait mengaku siap mengamankan perayaan Hari Natal dan tahun baru.

Wakapolda Banten Kombes Pol. Firli Bahuri mengatakan personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan 9 gereja yang berada di wilayah hukum Polda Banten sebanyak 1.500 personel. “Kita siapkan 1.500 personel yang bekerja sama dengan unsur muspida, unsur TNI dan sejumlah unsur yang terkait dengan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru,” ujar Firli, usai Rapat Koordinasi Operasi Kalimaya Lilin 2015, di Mapolda Banten, Rabu lalu (16/12).

Firli juga mengungkapkan para personel ini ditempat di sejumlah tempat strategis seperti di tempat ibadah, kawasan wisata, pelabuhan, dan kawasan industry yang menjadi objek vital negara. “Jadi kita tidak hanya mengamankan lokasi keramaian saja, tetapi juga tempat objek vital negara,” kata Firli.

Sementara Danrem 064 Maulana Yusuf, Kolonel Inf. Wirana PB, mengaku akan mendampingi Polri menyiagakan personel tidak hanya di korem saja tetapi juga hingga ke wilayah kodim-kodim. “Kita punya satu batalion. Rencananya kita akan menyiagakan seperti saat pelaksanaan Pilkada.”

Menurut Danrem, anggotanya yang diturunkan akan mengamankan wilayah yang menjadi peta kerawanan yang dipaparkan oleh pihak polda. “Kita siagakan anggota untuk mengantisipasi peta kerawanan Natal dan Tahun Baru yang telah dianalisa dan disampaikan pihak intelkam polda banten.”

Namun, ia berharap situasi dan kondisi pada libur dan perayaan Natal dan Tahun Baru ini berjalan aman dan lancar. “Mudah-mudahan semuanya aman dan lancar,” ujar Danrem. (henny)