Berita AktualBerita Daerah

Bupati Tanggamus Lantik Forum UMKM

SUMBEREJO, beritaindonesianet- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani melantik Forum UMKM Tanggamus, Rabu (11/11).

Kegiatan yang berlangsung di Vila Selogiri Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus tersebut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Lampung Komisi IV H. Muklis Basri, Joko Santoso dari PAN, Wakil Bupati AM. Syafi’i, Ketua DPD HIPMI Lampung yang diwakili Wakil Ketua BPD HIPMI Lampung Ahmad Giri Akbar, Ketua BPC HIPMI Tanggamus Fandi Ahmad Damsik, Ketua UMKM Tanggamus Fedrikus Dimas, Jajaran Pemda Tanggamus, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua Dekranasda Ny. Nuraini Lubis, Camat Sumberejo, Uspika, Insan Pers, dan Anggota Asosiasi Pariwisata Lampung.

Bupati Tanggamus mengatakan, Berbicara mengenai UMKM data UMKM di Tanggamus saat ini terdapat 7990 pelaku UMKM di berbagai lini usaha. namun saat ini kita sedang menghadapi ujian di tengah pandemi Covid-19 sehingga mengalami turbulensi ekonomi yang cukup serius. Dunia usaha terutama UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan.

Bupati mengajak kepada seluruh pengusaha muda yang terhimpun dalam Hipmi agar memanfaatkan peluang berusaha dan berinvestasi di bumi Tanggamus. Kalau dilihat dari data yang ada jumlah perusahaan dan jumlah investasi yang ada di Kabupaten Tanggamus sampai tahun 2020 ini adalah 10 perusahaan modal dalam negeri dengan nilai investasi Rp 5,69 triliun dan 3 perusahaan modal asing dengan nilai investasi Rp 3,37 Triliun,”kata Bunda Dewi usai menghadiri pelantikan BPC HIPMI Tanggamus.

“Saya ucapkan selamat juga kepada pengurus Forum UMKM yang telah dikukuhkan semoga mampu menunaikan tugas sebaik-baiknyanya. Adapun hal-hal yang harus dilakukan dalam membangun sinergi antar pelaku UMKM dengan melakukan perbaikan ekosistem usaha yang memungkinkan pelaku UMKM bisa mengakses pasar yang lebih luas dan mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya serta sinergi antara pelaku UMKM dan pemerintah harus dibangun dengan kuat,” ujar Bupati.

Sementara Kapala Dinas Koperindag Kabupaten Tanggamus Herry Heryadi mengharapkan, forum UMKM ini bisa mengatasi Kendal dan permasalahan yang ada di UMKM, sehingga UMKM di kabupaten Tanggamus ini bisa berkembang dan bersaing.

“Alhamdulillah hari ini kita terbentuk forum UMKM yang ada di kabupaten Tanggamus. Forum ini baru pertama yang ada di provinsi Lampung. Kami berharap forum UMKM menjadi forum untuk semua UMKM yang ada di kabupaten Tanggamus, forum ini juga bisa menyembatani apa yang menjadi kendala kendala UMKM yang ada di Tanggamus supaya bisa bersinergi dengan Dinas,” kata Herry. (*).

 

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"