Bupati Serang Ajak Semua Pihak Bergerak Bersama Atasi Darurat AKI_AKB

SERANG, beritaindonesianet-

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah merespons serius terkait peningkatan angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI-AKB) di Kabupaten Serang. Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dikumpulkan bersama para bidan, dokter, tokoh masyarakat, dan pihak terkait lainnya.

Semua ditekankan untuk berkomitmen serta secara khusus mengundang Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo sebagai narasumber karena telah sukses menekan AKI-AKB di daerahnya. “Ini masuk darurat siaga satu. Jika masuk darurat, segala upaya harus dilakukan dan bergerak bersama. Berkomitmen bersama,” kata Tatu dalam Workshop Penggalangan Komitmen Dalam Percepatan Penurunan Kematian Ibu dan Bayi di Aula Tb Suwandi, Selasa (25/6/2019).

Sekadar diketahui, pada 2018 terdapat 61 kasus AKI dan 240 kasus AKB. Kemudian pada 2019, per Juni sudah ada kasus 43 AKB dan 83 AKI. Untuk menekan jumlah kasus tersebut, Tatu telah membuat surat edaran terkait pembagian tugas dari mulai antar OPD, camat, puskesmas, kepala desa, puskesmas, hingga ke elemen masyarakat.

Menurut Tatu, pola hidup sehat di masyarakat harus membudaya, dan sosialisasi harus terus ditingkatkan. Selanjutnya, jika ada kasus AKI-AKB, maka harus dilakukan audit dan dievaluasi bersama. “Harus diakui, kesadaran masyarakat berpola hidup sehat masih kurang. Kemudian sosialisasi dari dinas juga belum maksimal. Ini masalah kita selesaikan bersama-sama, bergerak bersama,” ujarnya.

Tatu menegaskan, soal biaya persalinan, Pemkab Serang sudah menjamin tidak dipungut biaya karena ada jaminan kesehatan daerah (jamkesda) dan jaminan persalinan (jampersal). Meski anggaran jampersal dari pemerintah pusat menurun, dari Rp 12 miliar pada 2018, menjadi Rp1,3 miliar pada 2019. “Semoga bisa masuk anggaran dari pemerintah provinsi, sehingga bisa lebih cepat menekan AKI-AKB,” tegas Tatu.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan, langkah pertama untuk menekan AKI-AKB adalah membangun integritas dan komitmen antar stakeholder. Antara dinas, camat, kepala desa, dan bersama masyarakat. “Mencegah kematian, itu dengan hati dengan kesungguhan. Perlu ditingkatkan adalah sistemnya. Saya lihat sudah terbangkitkan, camat hingga tokoh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, ada surat edaran Bupati Serang perihal pembagian tugas di OPD dan masyarakat. “Jika ini dijalankan, maka akan sukses. Bahkan jika ada kasus kematian, harus diaudit. Dievaluasi penyebabnya dan siapa yang salah. Ibu Bupati Serang sudah luar biasa, menggerakkan semua,” ujar pria yang akan dilantik menjadi Kepala BKKBN ini.(*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"