Berita AktualBerita Nasional

Bupati Serang dan Menpar Komitmen Wujudkan ‘Anyer Reborn’

 

SERANG, beritaindonesianet-Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serang dan langsung disambut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati, Senin (1/4/2019). Pada kesempatan silaturahmi tersebut, keduanya sepakat untuk mewujudkan “Anyer Reborn’, sebagai wujud komitmen membangkitkan kembali pariwisata pantai pasca tsunami Selat Sunda.

Tiba pukul 07.00 WIB, Arief langsung dijamu sarapan oleh Pemkab Serang. Kunjungan kerja itu pun tidak disia-siakan Bupati Serang untuk menyampaikan berbagai program dan event untuk membangkitkan kembali pariwisata pantai di Kecamatan Anyer dan Cinangka.

Menurut Tatu, Pemkab Serang punya dua kegiatan besar rutin tahunan, yakni Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) dan Festival Bedolan Pamarayan. Ia kemudian memaparkan berbagai event AKCF sebagai perwujudan ‘Anyer Reborn’ pasca bencana.

Antara lain yang sudah terlaksana yakni Funbike Sejabat 7 dan Lomba Burung Berkicau. Kemudian pada Juni direncanakan event Expo AKCF, Lomba Batik, dan Festival Silat Kaserangan Serang. Juli ada event Gemarikan dan Beach Clean Up.

Selanjutnya pada Agustus lebih banyak event. Yakni Color Fun Run, Ngagurah Dano, dan Lomba Kuliner. Pada September ada Lomba Mancing Selat Sunda, Anyer Krakatau Bike Festival, dan Anyer Krakatau Adventure Destination.

Kemudian pada Oktober seiring dengan hari jadi Kabupaten Serang, ada AKCF Surfing Competition, Pameran UMKM, dan Festival Bedol Pamarayan. “Kami agendakan maraton kegiatan untuk kembali memulihkan Anyer khususnya, dan umumnya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Serang,” ujar Tatu.
Ia meminta Kementerian Pariwisata memberikan dukungan terhadap beberapa kegiatan AKCD dan Festival Bedol Pamarayan. “Kita sepakat untuk mewujukan Anyer Reborn, dan optimistis pariwisata pantai di Kabupaten Serang akan kembali bangkit,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku, sudah tiga kali mengunjungi Banten pasca tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018 lalu. “Kemenpar telah membentuk Tim Selat Sunda Aman. Tiga strategi pemulihan sektor pariwisata Selat Sunda di Banten dan Lampung dengan total anggaran kurang lebih Rp 15 miliar,” ujarnya.

Tiga strategi tersebut yakni, pemulihan sumber daya manusia (SDM), pemulihan pemasaran, dan pemulihan destinasi terdampak. Kemenpar memberikan dukungan 49 kegiatan pemulihan di Banten. “Dari 49 kegiatan yang direncanakan, sampai dengan 30 Maret 2019, telah dilaksanakan 16 Kegiatan atau 32,65 persen,” ujarnya.

Arief menegaskan kesiapan bersama pemerintah daerah di Banten mewujudkan Anyer Reborn. “Silakan koordinasi dengan kami, dari kegiatan yang tersisa, mana yang bisa diambil untuk Kabupaten Serang. Kami siap membantu dan berkomitmen bersama bahwa saat ini, Selat Sunda sudah aman,” ujarnya.(*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"