6 Jamaah Calon Haji Gagal Berangkat

Serang – Dua ribuan jamaah haji asal Provinsi Banten sudah berangkat ke Tanah Suci. Enam jamaah calon di antaranya gagal berangkat karena sakit sehingga harus digantikan jamaah calon haji lainnya.

Keputusan gagal berangkatnya enam jamaah calon haji ini baru diketahui setelah pemeriksaan kesehatan lanjutan. Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama atau Kakanwil Kemenag Provinsi Banten Agus Salim mengaku pihaknya tidak bisa meloloskan jamaah calon haji yang sakit parah.

“Untuk mengisi kekosongan kursi jamaah calon yang gagal berangkat itu, kami gantikan dengan calon jamaah cadangan. Dengan cara ini maka permasalahan jamaah calon yang gagal berangkat tidak mengganggu porsi kuota Banten,” kata Agus, kemarin (18/8/2016).

Untuk tahun 2016 ini, jumlah seluruh jamaah calon haji Banten sebanyak 6.800-an orang dari delapan kabupaten kota. Dari total jamaah ini, 70 persen di antaranya berusia lanjut usia, dan 16 persen di antaranya penderita hyertensi. Karena itulah, para petugas haji yang diberangkatkan diminta untuk lebih serius melayani para jamaah haji di tanah suci. (Henny)