Waspadai DBD Pendarahan Dalam

Serang Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ternyata sekarang harus lebih diwaspadai menyusul gejalanya yang makin seulit dideteksi. Jika dahulu penderita DBD selalui ditandai dengan bintik merah di kulit sekarang ternyata banyak ditemukan penderita yang gejala bintik merahnya tidak ditemukan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Dokter Sri Nurhayati, penderita DBD yang tidak mempunyai gejala bintik merah berarti mengalami gejala pendarahan di dalam.

“Untuk kasus-kasus seperti ini, penderita seringkali tidak menyadari dan akhirnya baru terungkap setelah kondisinya parah. Karena itu, saya mengimbau warga mewaspadai setiap gejala panas tubuh yang penyebabnya tidak diketahui,” ungkapnya, Senin (22/2/2016).

Di sejumlah Kabupaten dan Kota di Banten saat ini terdapat puluhan hingga ratusan penderita DBD. Dan di antaranya meninggal dunia karena terlambat ditangani. Karena itu, Kadinkes berharap agar masyarakat tidak menyepelekan gejala awal penyakit ini sehingga pasien bisa cepat tertangani. (henny)