Berita AktualBerita Daerah

Pastikan Kesiapan Jalur Mudik, Pj Gubernur Banten Patroli Naik Motor Bersama Forkopimda

SERANG, beritaindonesianet-Arus mudik Lebaran 2023 terus menjadi perhatian semua pihak. Di Banten, untuk memastikan kesiapan jalur mudik kendaraan roda dua, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar turun langsung melakukan patroli bersama forkopimda dengan mengendarai sepeda motor listrik, Kamis (13/04).

Konvoi patroli sepeda motor rombongan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten berangkat dari Markas Polda (Mapolda) Banten dengan
rute Mapolda Banten- Terminal Pakupatan- Alun-alun Kota Serang- Kramatwatu- Simpang Lampu Merah PCI- Simpang Raya Anyer-Cigading- Pelabuhan Ciwandan- Jalur Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon.

“Kita mengecek sepanjang jalan untuk memastikan persiapan menyambut mudik lebaran, yang secara khusus kita sore ini menguji untuk jalur kendaraan roda dua,” kata Al Muktabar saat tiba di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto juga melakukan uji coba ticketing di Pelabuhan Ciwandan.

“Dalam jalur perjalanan tadi kita melihat kesiapan sudah dilakukan secara baik, tadi juga Pak Kapolda menguji ticketing,” kata Al Muktabar

Semua prosesi arus mudik tersebut dilakukan untuk memastikan persiapan menyambut arus mudik dan juga sebagai bukti pemerintah hadir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan ini menjadi upaya kita untuk pemerintah hadir dalam rangka melayani mudik lebaran,” ujar Al Muktabar.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengaku pihaknya sengaja melakukan patroli untuk mengecek kesiapan anggota termasuk rambu-rambu. Apalagi, tahun ini penyeberangan ke Pulau Sumatera kendaraan roda dua tidak dilayani di Pelabuhan Merak, tetapi dilayani di Pelabuhan Ciwandan.

“Karena ini hal baru, maka kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, kami menyusuri sebenarnya jalur mudik sampai ke Ciwandan,” kata Rudy.

Rudi juga mengatakan pihaknya juga mengecek sistem ticketing di Pelabuhan Ciwandan agar tidak ada permasalahan saat pemudik motor tiba di pelabuhan. Meskipun demikian, Kapolda mengimbau pemudik untuk dapat menyiapkan tiket sehari sebelum waktu pemberangkatan sehingga proses penyeberangan berjalan lancar.

“Saya harap para pemudik untuk benar-benar menyiapkan tiket sehari sebelumnya. Jangan beli tiketnya saat mau berangkat atau go show, jadi persiapkan tiketnya agar pada saat ke Pelabuhan Ciwandan sudah ada tiket untuk memperlancar kita semua,” katanya.

Kapolda Banten juga mengimbau pemudik roda dua untuk memperhatikan keselamatan selama di perjalanan.

“Saya mengingatkan karena di Pelabuhan Ciwandan ini untuk kendaraan roda dua dan truk, maka saya harap pemudik untuk dapat berhati-hati dan membutuhkan kewaspadaan lebih,” katanya.

Menurut Kapolda, pemudik tidak perlu khawatir masalah keamanan selama di perjalanan di wilayah hukum Polda Banten.
“Kami akan ada di lapangan di setiap perlintasan dan jalur. Mulai Polri, TNI dan termasuk dari Pemerintah Provinsi Banten sudah siap sehingga untuk menjaga keamanan pemudik sampai masuk ke Kapal Insyaallah kami siap,” kata Kapolda.

Dalam patroli tersebut, juga ikut serta Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna, Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, Wakapolda Banten Brigjen Pol. M. Sabilul Alif dan peserta lainnya. (Adv Dinas Komunikasi informatika Statistik dan Persendian Prov Banten)

.

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"