Porprov VI Banten 2022 Usai, Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Cetak Atlet Berprestasi Menuju PON Sumut-Aceh

TANGERANG, beritaindonesianet-Sejak 20 hingga 29 November 2022, para atlet dari kontingen delapan kabupaten/kota berkompetisi meraih prestasi terbaik pada Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Banten VI, di Kota Tangerang. Para atlet dan ofisial kabupaten/kota bertekad dapat mengharumkan nama baik daerahnya masing-masing.
Multievent olah raga terbesar di Provinsi Banten tersebut dibuka Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar. Saat itu, Penjabat Gubernur Banten berharap, Porprov Banten dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi. Provinsi Banten harus bersaing dengan daerah lain di Indonesia pada event nasional, khususnya pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Lahirnya atlet andal pada ajang Porprov Banten akan memudahkan ofisial dan para atlet Banten untuk meraih target 10 besar dalam perolehan medali PON XXI 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.
Untuk meraih cita-cita tersebut, selanjutnya, para atlet andal tersebut diberikan pembinaan melalui pelatihan menjelang PON, hingga uji coba dengan daerah lain, atau bahkan uji coba ke luar negeri. Seperti diketahui, PON tahun 2024 akan dilaksanakan di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatra Utara. Saat ini, kedua provinsi sudah mempersiapkan sarana dan prasarana, demi kesuksesan event empat tahunan tersebut.
Pada kesempatan membuka Porprov VI Banten Tahun 2022 di Stadion Benteng Rebound, Kota Tangerang, Minggu (20/11/2022), Al Muktabar berharap, event yang digelar empat tahun sekali itu dapat mencetak atlet-atlet berprestasi, generasi emas yang unggul.
“Ini penting karena dengan olahraga banyak prestasi yang kita harapkan. Lebih dari itu juga dengan olahraga kita berharap untuk tetap diberikan kesehatan,” ujar Penjabat Gubernur Banten.
Menurut Al Muktabar, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat digaungkan semangat sportivitas dan semangat bertanding seperti api obor Porprov itu yang bisa dijadikan sebagai satu prinsip dasar kehidupan dalam rangka membangun Provinsi Banten dan pada akhirnya membangun Indonesia. “Kita berharap melalui even ini lahir atlet-atlet berprestasi yang akan membawa harum nama keluarga, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga membanggakan Indonesia,” katanya.
Al Muktabar mengatakan, dari Porprov ini bukan tidak mungkin muncul atlet yang akan bertanding pada perhelatan olahraga tingkat nasional dan internasional. “Maka dari itu, Porprov ini dilaksanakan sebagai persiapan kita dalam menghadapi PON. Dan, melalui ini akan kita persiapkan atlet-atlet yang tangguh,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Banten Edi Ariadi mengungkapkan, kebersamaan dalam mengelola olahraga prestasi merupakan implementasi UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan ditambah dengan adanya desain besar olahraga nasional satu harapan meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Porprov ini sebagai media menjaring dan penyaring untuk mendapatkan atlet-atlet unggulan yang akan dipertandingkan pada ajang PON Ke-21 yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara Tahun 2024 mendatang. “Kita harus bisa masuk 10 besar di PON nanti. Artinya kita harus banyak mendapatkan emas di setiap Cabor yang dipertandingkan,” ucapnya.
Edi Ariadi melanjutkan, olahraga merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya keterampilan fisik dan gerak, namun juga sebagai pendidikan karakter, disiplin, kerja keras, dan memupuk jiwa sportivitas. Oleh karena itu, suksesnya olahraga prestasi ditentukan oleh peranan dukungan Pemda, cabang olahraga serta pembinaan yang dilakukan.
Porprov VI Banten Tahun 2022 berakhir pada Selasa, 29 November 2022. Penutupannya dilaksanakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Banten M. Tranggono di Stadion Benteng, Jl. Taman Makam Pahlawan Taruna No. 72, Kota Tangerang, Selasa (29/11/2022). Porprov VI Banten Tahun 2022, melahirkan Kota Tangerang sebagai Juara Umum dengan total raihan 257 medali emas, 204 medali perak, dan 177 medali perunggu, total 638 medali.

Tranggono menilai pada Porprov Banten dedikasi dan prestasi atlet Banten semakin meningkat menuju prestasi Nasional dan Internasional. Serta apresiasi terhadap Kepala Daerah dan pelatih yang terus membangun prestasi para atlet.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Ahmad Syaukani mengatakan, Porprov Banten merupakan penjaringan atlet berdasarkan prestasi oleh Pemprov Banten bersama KONI Banten untuk menuju PON XXI Aceh – Sumut 2024. “Selanjutnya dilakukan pembinaan jangka panjang dengan target lolos Pra PON di tahun 2023 mendatang. Pembinaan juga untuk menjaga stabilitas prestasi para atlet,” ungkapnya.
Porprov Banten digelar empat tahun sekali. Porprov Banten VI Tahun 2022 diikuti oleh 9.489 yang terdiri dari 5.841 atlet, 1.416 official dan 2.232 juri. Melombakan 47 cabang olahraga dan memperebutkan 2563 medali. Untuk juara umum diraih Kota Tangerang dengan 638 medali, disusul Kabupaten Tangerang 485 medali, Kota Tangerang Selatan 379 medali, Kota Cilegon 315 medali, Kabupaten Serang 218 medali, Kota Serang 214 medali, Kabupaten Lebak 186 medali, serta Kabupaten Pandeglang 128 medali. Untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Banten VII Tahun 2026, Kota Tangerang Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah. (Adv Biro Adminsitrasi Pimpinan Setda Prov Banten)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"