Lampung Akan Ikutsertakan Tim Catur Putri ke PON XX Papua 2021

BANDARLAMPUNG, beritaindonesianet-
Kontingen Lampung akan bertambah satu cabang olahraga PON XX di Papua 2021, dengan masuknya cabang olahraga Catur dalam nomor Beregu Putri, sehingga menjadi 24 cabang.

Ini dipastikan setelah surat dari PB Percasi tertanggal 29 Desember 2020, yang memberikan kesempatan provinsi Lampung masuk dalam slot PON XX, setelah tim beregu Putri Daerah Istimewa Jogjakarta mundur.

“Kesempatan kita sebenarnya memang terbuka, saat di Kejurnas yang dibutuhkan 9 provinsi atau hingga rangking 9. Padahal di rangking 9 ada dua daerah salah satunya Lampung, namun saat itu Lampung kalah head to head dengan Sumsel, sekaipun nilai Lampung sama dengan Sumsel. Dengan demikian Sumsel yang lolos. Namun dengan mundurnya Jogja, maka kuota itu menjadi milik Lampung,” ujar Aria Khalief, Sekum Percasi Lampung, Jumat (5/2).

Regu putri Lampung yang lolos adalah Skolatika Faustin, Via Listianingtyas, dan Vioren Clarisa yang juga sudah dipersiapkan sejak awal.
Kepastian keikutsertaan atlet-atlet tersebut di atas dan mengisi Longlist dan Entry by Number yang sudah dikoordinasikan dengan KONI Lampung dalam hal ini Bidang Pembinaan Prestasi.

“Sudah, kami sudah laporkan ke Binpres dan disetujui semuanya,” tambah Aria.
Sementara itu Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi dan Sport Science Frans Nurseto, membenarkan bahwa tentang pendaftaran Catur beregu Putri Lampung sudah disetujui dan dilaksanakan.

“Sudah kami setujui dan sudah dientry by number dalam isian longlist PB PON. Dan mereka sudah langsung kita masukkan dalam daftar atlet Lampung yang sudah mewajibkan mengikuti tahapan latihan yang ditetapkan KONI Lampung, termasuk test fisik dan sebagainya,” ujar Frans.

Menurutnya Catur masuk dalam pembinaan potensial yang juga diharapkan mampu meraih medali untuk turut menambah pundi-pundi medali kontingen Lampung. (mba)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"