Berita AktualBerita Kriminal

Satresnarkoba Polres Pringsewu Amankan 4 Anggota Sindikat Narkoba

PRINGSEWU, beritaindonesianet-
Satuan Reserse Narkoba Polres Pringsewu berhasil meringkus empat tersangka penyalahguna narkotika jenis Sabu pada Jumat (01/01). Dari keempat pelaku tersebut 1 orang diduga berperan sebagi pengedar, 1 orang sebagai perantara / kurir dan 2 orang lainya sebagai pengguna.
Keempat tersangka yang terdiri dari seorang wanita dan 3 laki-laki ini merupakan warga Pekon Sukoharjo III Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, berinisial DP (33), MF (23), AS Alias Andi Ogan (29) dan YH (28).

Kasat Narkoba Polres Pringsewu Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, Sik menjelaskan bahwa keempat pelaku ditangkap dari kediamannya masing-masing pada (01/01) dan merukan tindak lanjut atas adanya laporan informasi dari masyarakat.
“penangkapan keempat tersangka adalah tindak lanjut dari laporan warga masyarakat kepada petugas tentang maraknya peredaran narkotika jenis sabu di Pekon Sukoharjo III yang dilakukan oleh tersangka MF” ujar kasat narkoba Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom Pada Minggu (3/1) siang.
Ia mengungkapkan awalnya petugas melakukan penggrebekan dirumah tersangka MF dan saat dilakukan penggeledahan ditemukan sejumlah barang bukti 8 buah Plastik Klip berisi Narkotika jenis sabu yang disembunyikan dalam bungkusan permen, 3 buah plastik klip kosong, 3 buah pipet terbuat dari sedotan, 1 buah tutup botol berlubang dan 1 buah pipa kaca Pirek bekas pakai.
“barang bukti tersebut oleh tersangka MF disembunyikan didalam dua buah bungkus rokok” terang kasat narkoba
Selanjutnya, ujar kasat narkoba melanjutkan, petugas melakukan pengembangan dan didapatkan Informasi bahwa barang-barang tersebut didapat dari seseorang berinisial D (DPO) yang merupakan suami dari tersangka DP.
“pada saat petugas melakukan penggebekan dirumah D petugas berhasil mengamankan tersangka DP dan saat dilakukan penggeledahan ditemukan sejumlah barang bukti diantaranya 4 buah plastik klip bekas pakai, 6 bundel plastik klip kosong, 1 buah lakban dan 1 buah timbangan digital” ujarnya.
“Tersangka DP kami amankan karena diduga kuat turut serta membantu suaminya dalam mengemas sabu serta menjualnya” tambah kasat narkoba.
Selanjutnya tim kembali melakukan pengembangan kasus dan kemudian melakukan penangkapan terhadap tersangka AS Alias Andi Ogan dan YH. Dalam proses penggeledehan petugas turut mengamankan barang bukti alat hisap sabu.

“Tersangka AS dan YH ini sebagi pengguna sabu barang haram tersebut dibelinya dari tersangka MF” jelas khairul Yassin.

“Untuk proses penyidikan lebih lanjut maka keempat tersangka berikut barang bukti diamankan di Mapolres Pringsewu dan untuk proses hukum selanjutnya terhadap pelaku MF dan DH dijerat dengan pasal 114 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara, sedangkan terhadap tersangka AS dan YH dikenakan pasal 112 ayat (1) dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara” pungkasnya. (mba/jal)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"