Kunjungi Mapolda Lampung, Ketua KPK Sapa Kus, Teman Wartawati Senior

LAMPUNG, beritaindonesianet – Disambut Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., bersama Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs. Sudarsono, S.H., M.Hum., dan seluruh Pejabat Utama Polda Lampung
dan jajaran Direktorat Kriminal Khusus Polda Lampung dengan tepukan selamat datang menyambut kedatangan Ketua KPK RI Komjen Firli Bahuri MSi yang mengenakan baju batik, pada Jum’at (7/8/2020) pukul 10.00 WIB.

Pada saat usai foto bersama, hal mengejutkan dilakukan Ketua KPK yang dikenal dekat dengan media. Tiba-tiba saja memanggil nama Kus salah seorang wartawati yang tidak menyangka namanya disebut akhirnya maju menghadap sang Ketua KPK. “Saya kenal Kus saat menjabat Kasatreskrim Polresta Bandarlampung tahun 2001 dan Alhamdulillah masih sehat ya sambil menanyakan Heni dan Aris Susanto wartawan Lampost yang sudah almarhum,” ungkap Ketua KPK sambil memegang kedua bahu Kus.

Ketua KPK lalu memasuki ruangan Rupatama setelah itu sholat Jum’at di Masjid Al Ikhlas Polda Lampung.

Usai sholat awak media melakukan sesi wawancara dengan mengapresiasi Polda Lampung yang mampu menyelesaikan 27 kasus korupsi.

Menurut Firli, hal itu menunjukkan Polda menerapkan koordinasi dan supervisi yang baik dalam penanganan korupsi.

“Sejak 2018, Polda Lampung berhasil menyelesaikan 27 perkara. Meskipun ada beberapa kendala, terkait perhitungan kerugian negara dan beberapa kepentingan ahli,” ujar Firli.

Kemudian setelah melakukan pengecekan dalam hasil pemeriksaan laporan keuangan, Firli menilai Polda patut mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

Polda juga berhasil membangun integritas, dengan hasil wilayah bebas korupsi.

Firli berharap Polda Lampung akan semakin membaik dan meningkatkan prestasi dalam penanganan tindak pidana korupsi.

Ketua KPK kali ini juga berharap kepada Polri khususnya Polda Lampung dapat bersinergi bersama KPK dalam melakukan pemberantasan Korupsi di Wilayah Hukum Polda Lampung dengan menggunakan tiga strategi pendekatan dalam pemberantasan korupsi. Pertama, pendekatan pendidikan masyarakat untuk membentuk mindset segenap eksponen bangsa (individu) agar terbebas dari perilaku koruptif. Kedua, pendekatan pencegahan dengan cara perbaikan, penguatan hingga membangun sistem. Ketiga, pendekatan penindakan, dengan penegakan hukum yang tegas dan efektif, dapat menimbulkan kesadaran untuk taat, patuh pada hukum.

Selain melakukan kunjungan di Polda Lampung, Ketua KPK juga melakukan kunjungan di Pemerintah Provinsi Lampung yakni Gubernur, Walikota dan Bupati, serta kejaksaan dalam suksesnya pemerintah Provinsi Lampung beserta TNI Polri dalam penanganan pandemi Covid-19 dimana Provinsi Lampung meraih peringkat terbaik ke Lima dalam penanganan pandemi Covid-19 dan diharapkan dapat menyelesaikan pertanggung jawaban seluruh anggaran penanganan Covid-19.

Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si. juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua KPK RI dan rombongan yang sudah datang ke Polda Lampung dan berharap Polda Lampung dapat bersama dengan KPK dalam penguatan perkara tindak pidana korupsi yang berada di Wilayah Hukum Polda Lampung. (Kus)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"