PWHTS Bersama Kementerian ESDM Gelar Seminar PLTS Sejuta Atap

 

TANGSEL, beritaindonesianet-Untuk mendukung program pemakaian listrik tenaga surya (PLTS) Pokja Wartawan Harian Kota Tangerang Selatan (PWHTS) menggelar seminar bersama Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Seminar bertajuk Gerakan Nasional PLTS Sejuta Atap akan digelar di Hotel Swiss Bell Hotel BSD, Serpong, Kota Tangsel pada Sabtu, (15/2/2020).

Selain itu, kegiatan ini juga didukung Asosiasi Chief Engineering (ACE) Banten dan Solar Quest.
Diketahui, Gerakan nasional Sejuta Surya Atap adalah upaya nyata untuk Indonesia yang lebih baik, yaitu dengan mengganti penggunaan bahan bakar fosil sebagai penghasil listrik utama dengan menggunakan tenaga dari sinar matahari. Caranya adalah dengan memasyarakatkan penggunaan panel surya (solar panel) di pemukiman rumah, hunian massal, dan/atau gedung perkantoran. Perangkat tersebut mampu mengubah sinar matahari menjadi listrik layaknya pasokan listrik yang dihasilkan bahan bakar fosil.

Mewujudkan harapan gerakan sejuta surya atap tidak semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan pemahaman mendalam kepada tiap individu mengenai apa untungnya menggunakan panel surya dan “hijrah” dari energi konvensional ke energi terbarukan.

Ketua Panitia Kegiatan Muhammad Subur mengatakan seminar ini diadakan untuk mendukung program Kementerian ESDM penerapan Gerakan Nasional PLTS Sejuta Atap.

“Penggunaan sistem PLTS atap di kalangan usaha berpotensi untuk menurunkan emisi gas buang Karbon dioksida,” katanya.

Menurutnya, PLTS ini bisa menghasilkan energi listrik terbarukan dari sinar matahari.

“Listrik dari matahari sebagai energi terbarukan ini tidak menyebabkan polusi udara dan polusi suara, ” ujarnya.

Ditambahkan Plt Ketua ACE Banten Kurniawan, mengapresiasi seminar yang digelar PWHTS tentang pemakaian surya panel di dunia industri. “Seminar ini menambah ilmu dan wawasan kita dalam menerapkan dan mendukung gerakan nasional PLTS sejuta atap,” terangnya.(odeh)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"