Berita AktualBerita Wisata

Tari Kedidi di Tepi Sungai Batanghari, Meriahkan Festival Kampung Senaung

 
SENAUNG, beritaindonesianet-Tarian Kedidi yang dipersembahkan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Nurdin Hamzah (STISIP NH) Jambi, turut memeriahkan pembukaan Festival Kampung Senaung 2019, bertempat di tepi sungai Batanghari Desa Senaung, Kabupaten Muarojambi, Jumat (20/12) Pukul 15.00 WIB. Berbagai pertunjukan seni dan budaya juga memeriahkan acara tersebut.
Pemukulan gong oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakat, Akmal Aksari menandakan dibukanya Festival Kampung Senaung. Ikut mendampingi, Asisten I Sekda Muarojambi Bastari, Ketua STISIP NH Sigit Indrawijaya, Kades Senaung Bustami dan tokoh masyarakat Senaung. Kegiatan ini dihadiri para tamu undangan dan warga setempat yang ikut meramaikan acara.
Dalam sambutan, Staf Ahli Gubernur sekaligus Kepala Biro Umum SEKDA Provinsi Jambi, H Akmal Aksari mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Senaung yaitu Festival Kampug Senaung. Mudah-mudahan kegiatan yag dilaksanakan ini memberikan manfaat bagi pengembangan dan kemajuan kepariwisataan di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Muaro Jambi, sehingga terwujud Jambi Tuntas, Jambi yang lebih tertib, unggul, nyaman dan Sejahtera. Festival Kampung Senaung merupakan salah satu upaya kita mengembangkan paradigma baru kepariwisataan, dengan dasar pemikiran pemanfaatan keberadaan potensi sumber daya alam yang unik dan khas di Desa Senaung. “Hari ini saya kembali menghimbau kepada masyarakat di Provinsi Jambi mari kita kembangkan ekonomi kreatif dengan memadukan idea, seni, dan teknologi. Kita tidak boleh kalah dengan daerah lain untuk membangun dan mengembangkan ekonomi kreatif, mari kita kembangkan keunggulan produk ekonomi yang berbasis seni budaya serta kerajinan seperti even yang kita laksanakan pada hari ini,” ucapnya saat memberikan kata sambutan.
Sedangkan Sekda Kabupaten Muarojambi yang diwakili oleh Asisten I Sekda Muarojambi Bastari dalam sambutan nya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Muarojambi menyambut baik dengan terselenggaranya acara Festival Kampung Senaung ini. Hendaknya ini nantinya diikuti oleh kampung-kampung atau Desa-desa yang berada di Kabupaten Muarojambi. Ini adalah salah satu upaya mempertahankan kearifan lokal. “Harapan kami ini jangan sampai hilang di telan masa, selain menampilkan kearifan lokal juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, kami harapkan kepada Gubernur Jambi agar kegiatan Festival Kampung Senaung ini dapat dimasukkan kedalam agenda tahunan Provinsi melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Provinsi Jambi,” ujar Bastari.
Penduduk Senaung yang banyak hidup di tepi Sungai Batanghari, dikatakan Kepala Desa Senaung, Bustami sangat membutuhkan bantuan pemerintah membuat turap agar tanah tepi sungai tidak terbis semakin melebar. Festival Kampung Senaung yang ketiga ini, sudah menjadi agenda tahunan. Ini bertujuan untuk mengingatka kepada masyarakat Desa Senaung untuk terus melestarikan peninggalan seni dan kebudayaan Senaung, serta permainan Tradisional Senaung. Ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan potensi kepariwisataan dan kebudayaan Provinsi Jambi.
Kegiatan Festival Kampung Senaung diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Senaung beserta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, dan didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STISIP Nurdin Hamzah Jambi. Acara ini juga mendapat dukungan dari berbagai media massa cetak maupun elektronik yang ada di Provinsi Jambi.
Acara yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 20-22 Desember 2019 diisi dengan berbagai pertunjukan seperti tarian gawe gadis, malam harinya ada spesial even Pesona Lesung Senaung yang dihadiri oleh Bupati Muaro Jambi Masnah Busro. Tanggal 21 Desember ada kegiatan penanaman pohon, mural, hiburan dan permainan tradisional, dogeng serta pemutaran film documenter. Kegiatan hari terakhir 22 Desember akan diisi dengan ritual Sedekah Payo, hiburan dan permainan tradisional serta tari tugal.(aro/*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"