Berita AktualBerita Daerah

Bupati Serang Apresiasi Perhatian Swasta Terhadap Kesehatan Dunia Pendidikan

SERANG, beritaindonesianet – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi pihak swasta yang peduli terhadap kesehatan di dunia pendidikan. Salah satunya yang dilakukan sebuah perusahaan swasta yang telah memfasilitasi sarana air bersih dan sanitasi pada puluhan sekolah dasar di Kabupaten Serang.

Rabu (01/08)/ Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bahkan melaunching langsung sarana air bersih dan sanitasi ini di SDN III, Warakas, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, yang dilakukan PT Cargill Indonesia dan Care Internasional.

Dalam sambutannya, Tatu berharap agar perusahaan swasta lainnya yang ada di Kabupten Serang bisa melakukan langkah yang sama dengan menggunakan anggaran CSR (coorporate Social Responsibility). Apalagi saat ini, cakupan sanitas di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Serang baru mencapai 40 persen. “Kalau belum bisa membangun perorangan, bisa membangun bersama-sama antar industri.”

Tatu mengakui jika indeks kesehatan sebagai salah satu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), saat ini memang menjadi perhatian Pemkab Serang. Indeks Kesehatan inilah yang bisa menggambarkan baik buruknya derajat kesehatan masyarakat sehingga harapan untuk hidup lebih lama bisa semakin besar. “Untuk meningkatkan derajat kesehatan dibutuhkan beragam pengupayaan, peningkatan pelayanan kesehatan, kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Tatu.

Tatu juga berharap agar masyarakat bisa meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya yang harus selalu dibiasakan dari rumah dan sekolah sebagai lingkungan yang diajarkan kepada anak sejak dini. Diharapkan, dengan adanya peningkatan prilaku ini maka masyarakat bisa terhindar dari beragam penyakit sehingga senantiasa sehat.

“Saya minta perhatian kepada pihak sekolah agar fasilitas sanitasi ini dapat dipelihara dengan baik sehingga nilai kemanfaatannya dapat terus dirasakan oleh seluruh siswa,” ujarnya.
Melihat baiknya program ini bagi dunia pendidikan, Bupati Serang mengaku pihaknya akan mengganggarkan program ini pada tahun 2019 mendatang. ”Rencananya, kami akan melakukan pembangunan sanitasi sekolah dengan jumlah yang sama dan target lokasi yang berbeda di tahun 2019,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT. Cargil Arif Susanto mengungkapkan jika program promoting a sustainable and food secure world (prosper) adalah program kerjasama antara PT. Cargill dan Care International Indonesia yang telah dilaksanakan di Kabupaten Serang. Program tersebut bertujuan menurunkan angka diare dan penyakit menular bagi siswa sekolah dasar, guru, orang tua dan masyarakat. “Melalui program prosper ini, telah dibangun sarana sanitasi di 5 sekolah dasar dan sarana air bersih di 5 sekolah dasar yang tersebar di kecamatan Binuang, Cikande dan Kibin.”

Menurut Arif, selain melakukan pembangunan sarana sanitasi dan air bersih di 10 sekolah tersebut, pihaknya juga melakukan peningkatan kapasitas guru dan murid terkait kesehatan, hygiene dan nutrisi. ”Delapan sarana sudah bisa dimanfaatkan dan dua sarana masih dalam proses pembangunan.” (adv)

 

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"