Terkait Carut Marut PPDB SLTA, WH : Semua Sudah Diperiksa Inspektorat

Serang – Carut marutnya sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Propinsi Banten. Rupanya mendapat perhatian khusus, dari Gubernur Banten Wahidin Halim, yang menegaskan, bahwa semua operator yang terlibat dalam PPDB tersebut, telah diperiksa pihak Inspektor.

Bahkan Gubernur Banten yang akrab di sapa WH ini pun, kembali menegaskan. Pemeriksaan itu tidak hanya dilakukan pada operator saja, akan tetapi pemeriksaan itu pun dilakukan pada dua pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), serta Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik (Diskominfo) Banten.

“Semua sudah diperiksa pihak Inspektorat. Bahkan dua pejabat dari Dindikbud dan Diskominfo juga telah diperiksa. Tinggal nunggu hasil laporannya saja. Pemeriksaan ini untuk melihat tanggungjawabnya, bila ada unsur kesengajaan, ya kita tindak sesuai aturan,” jelas WH saat mengunjungi Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, Senin (9/7/2018).

Menurut WH, bila dalam laporan pemeriksaan ada indikasi kesengajaan, maupun adanya unsur korupsi didalamnya. Maka pihaknya tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas, baik itu penurunan pangkat, maupun menyerahkannya pada proses hukum, agar segera di usut tuntas. Meskipun memang diakui, bahwa kecurigaan tersebut ada, pihaknya tetap akan menunggu hasil laporan dari Inspektorat.

Sementara itu, terkait adanya laporan warga Kota Tangerang dari Lemabaga Kebijakan Publik (LKP), yang melaporkan permasalahan carut marut, serta adanya dugaan mal administrasi terkait PPDB tersebut ke Ombudsman, ditanggapi santai mantan Wali Kota Tangerang ini.

“Biar aja laporin ke ombudsman, wajar-wajar saja, biar aja diperiksa gak ada masalah. Buktikan saja (kalau ada mal administrasi), kalau terbukti ya tentu nya ada sangsi,  kalau gak terbukti gak ada masalah kan,” tegas WH.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi sempat meminta Inspektorat untuk memeriksa semua operator PPDB, Menurutnya, Operator paling mengetahui betul  dalam memvalidasi semua data pendaftaran.

“Dalam kaitan ini, saya juga sudah memerintahkan inspektorat untuk memeriksa seluruh operator. Dalam kaitanya ini operator memang memasukan, memverifikasi memvalidasi data-data siswa-siswi tersebut. Operator yang diperiksa baik sekup besar di Dindik sampai ke sekolah-sekolah,” tegas Andika saat itu.