Berita Aktual

Hotel Antariksa akan Meluncur 2021, Ini Tarifnya

Iptek – Pengusaha hotel Robert Bigelow berencana mendirikan hotel antariksa. Rencana tersebut, kata dia, akan direalisasikan pada 2020.

“Kami memang belum menetapkan harganya, tapi sepertinya berada pada kisaran belasan juta dolar Amerika sekali jalan,” kata Bigelow, seperti dilansir laman Daily Mail, 21 Februari 2018.

Bigelow merupakan seorang miliarder yang hasil kekayaannya berasal dari jaringan hotel Budget Suites of Amerika. Dia juga mengelola pemasaran dan layanan pelanggan serta bertindak sebagai kepala di perusahaan ruang angkasa Bigelow Aerospace yang didirikannya pada 1999. Pria berusia 72 tahun itu menginvestasikan jutaan dolar untuk kebutuhan pasar antariksa ini.

Rencana pembangunan hotel antariksa ini diungkapkan secara ambisius oleh Bigelow dalam sebuah konferensi pers Selasa lalu setelah mengumumkan perusahaan barunya Bigelow Space Operatios. “Kami sedang mengerjakan dua proyek yang berkaitan dengan itu, dijuluki dengan B330-1 dan B330-2 yang siap meluncur 3 tahun lagi. Keduanya akan diiklankan sebagai stasiun ruang angkasa yang mandiri dan otonom,” ujar Bigelow.

Hotel antariksa tersebut memiliki panjang 55 kaki (17 meter), terhubung dan membentuk sebuah stasiun ruang angkasa yang sangat besar dengan volume dua kali lebih besar dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Presiden dan CEO United Launch Alliance (ULA) Tory Bruno memuji Bigelow dan menyatakan bahwa perusahaan itu mampu melakukan pekerjaan yang luar biasa. “Akan sangat menyenangkan jika pariwisata antariksa ini sukses dilakukan,” kata Bruno. (dm/amb/amr)