Berita AktualBerita Daerah

Ada Koleksi Kitab Kuning di Perpustakaan Banten

Serang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten terus menambah koleksi buku untuk menambah jumlah pengunjung setiap harinya. Tidak hanya buku umum, buku pelajaran, sejarah, dan buku anak-anak, kitab pun juga ikut menjadi koleksi.

Kepala seksi deposit, pengembangan koleksi, dan pengolahan badan pustaka DPK Banten Sri Trisnani mengaku ada 9.000 koleksi buku yang diadakan tahun 2017 ini. Dari jumlah tersebut, 300-an koleksi berupa kitab kuning yang bertuliskan arab gundul.

“Pengadakan kitab kuning ini sengaja dilakukan untuk menjaring para santri dari pesantren-pesantren yang ada di Banten agar mau berkunjung ke perpustkaan,” katanya, kemarin.

Sementara itu, adanya ruang baca khusus anak yang dilengkapi ribuan koleksi buku anak-anak ternyata menjadi daya tarik tersendiri terhadap kalangan orang tua. Tak sedikit mereka yang tadinya hanya datang sendiri ke perpustakaan akhirnya datang lagi sambil membawa keluarganya.

“Iya, di sini (perpustakaan daerah Banten) semakin hari semakin lengkap saja buku-bukunya,” kata Zaenal, pengunjung perpustakaan.

Berdasarkan data yang ada, hingga akhir tahun 2016 lalu koleksi buku di perpustakaan dan arsip daerah ada 50 ribuan judul buku. Dari jumlah ini, 665 judul di antaranya merupakan buku khusus tentang Banten. Namun karena minimnya koleksi, khusus buku Banten tidak bisa dipinjam untuk dibawa pulang. (hen)