Berita AktualBerita Internasional

Dubes Korsel untuk Ethiopia Diduga Perkosa Sejumlah Stafnya

Internasional – Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengajukan pengaduan kepada otoritas Ethiopia mengenai dugaan pelecehan seksual yang dilakukan duta besarnya di Addis Ababa, Kim Moon-Hwan.

“Pelanggaran seksual oleh kepala misi diplomatik di Ethiopia terhadap beberapa korban telah dikonfirmasi melalu penyelidikan menyeluruh,” bunyi pernyataan Kemlu Korsel, Jumat (4/8/2017).

Pengaduan ini membuka jalan untuk penyelidikan kriminal Kim yang juga diduga memperkosa sejumlah pegawai kedubes lainnya di kota itu.

Sembari menunggu proses hukum di Ethiopia, Kemlu Korsel menyebutkan, Negeri Ginseng juga berupaya menjatuhkan sanksi berat melalui komite disiplin pemerintah.

Sementara itu, pejabat Kemlu Korsel menolak memberikan rincian mengenai kasus tersebut, termasuk identitas korban, atas alasan privasi.

Menteri Luar Negeri Korsel, Kang Kyung-yang, mengaku terkejut dan menganggap insiden ini menghambat upaya memulai pemerintahan baru di tangan Presiden Moon Jae-in.

Diberitakan AFP, Kang pun meminta pengetatan pengawasan para diplomatnya di luar negeri.

Kasus Kang bukanlah yang pertama di kedubes Korsel di Addis Ababa. Juli lalu, diplomat senior di kedutaan itu dipecat karena kedapatan memperkosa seorang diplomat perempuan.

Diplomat perempuan itu diperkosa dalam keadaan pingsan akibat terlalu banyak meminum anggur saat pesta makan malam kedutaan.

Kasus serupa juga pernah terjadi di misi diplomatik Korsel di Chile. Seorang diplomat kedapatan melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur pada Desember lalu.

Diplomat tersebut akhirnya dipulangkan ke Negeri Ginseng, kemudian dipecat. (has/cnn)