Berita AktualBerita Daerah

Pantai Anyer Macet Hingga 18 Kilometer, Pengendara Banyak yang Pingsan

Serang – Kawasan wisata Anyer dan Carita Banten pada Rabu (28/6/2017) mengalami kemacetan parah. Kemacetan parah yang diberitakan bahkan hingga sejauh 18 kilometer. Akibatnya banyak pengendara yang mengalami pingsan.

Dirlantas Polda Banten Kombes Tri Julianto Djatiutomo membeberkan salah satu faktor penyebab kemacetan. Menurutnya kemacetan terjadi karena kapasitas jalan di kawasan Anyer-Carita yang sudah tidak memadai.

Menurut Tri, untuk jalan di kawasan wisata seperti Anyer dan Carita harusnya sudah menjadi jalan kelas 1.  Namun sayangnya, saat ini, jalan di kawasan Anyer menurut Tri masih di kategori kelas 3. Akibatnya, Jika volume kendaraan meningkat maka kendaraan yang berasal dari berbagai daerah seperti Bogor, Jakarta, Bandung, Subang, Purwakarta dan sekitarnya akan menimbulkan kemacetan parah.

“Ini harus dijadikan perhatian khusus dari semua pihak termasuk pemerintah. Kalau dibiarkan dan volume kendaraan setiap tahun meningkat, di hari-hari libur seperti lebaran dan tahun baru kawasan Anyer akan selalu padat. Jalanya harus diperbaiki sesuai kelas jalannya,” kata Tri kepada wartawan, Kamis (29/6/2017).

Selain meminta perhatian khusus dari pemerintah, pihaknya juga meminta agar wisatawan tertib berlalu lintas dengan tidak mendahului melalui lajur kanan dan sabar mengantre.

“Karena jika tidak sabar dan mengambil jalur kanan, dengan volume kendaraan yang masuk pasti menyebabkan kepadatan,” tegas Tri.

Sementara Kabid Dokkes Polda Banten AKBP Ahmad Fauzi mengakui ada 30 wisatawan Pantai Anyer, Banten, dirawat di posko kesehatan. Ada yang pingsan karena macet hingga terluka saat bermain di pantai. Kemacetan panjang yang terjadi di wilayah wisata Pantai diakuinya membuat banyak pengendara, khususnya roda empat, pingsan.

“Paling banyak yang pingsan karena antrean macet,” ujarnya. (man)