Berita AktualBerita Daerah

Indeks Demokrasi Banten Melebihi Nasional

Cilegon Demokrasi di Indonesia ternyata saat ini semakin meningkat meskipun cenderung fluktuatif dalam enam periode terakhir. Hal ini dinilai dalam suatu sistem khusus yang disebut indeks demokrasi (ID). Khususnya di Provinsi Banten, indeks demokrasi yang ada trennya hampir sama dengan nasional. Meskipun demikian, jumlah indeks demokrasi bantn ini ternyata lebih tinggi dari indeks demokrasi nasional.

Menurut Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol Provinsi Banten, Rusjiman, lebih tingginya indeks demokrasi provinsi ini dibandingkan indeks demokrasi nasional tak lepas dari pengaruh pemimpinnya. “Dan untuk menghitung indeks demokrasi ini juga memerlukan kerjasama berbagai pihak,” ujarnya, Kamis (2/6/2016).

Dalam sambutannya pada acara penyelenggaraan dan pengembangan demokrasi di provinsi banten, yang berlangsung di salah satu Hotel di Kota Cilegon, Rusjiman berharap agar para peserta bisa memahami tentang materi yang diberikan, dan bisa mengimplementasikannya di lingkungan sekitar.

“Saya juga berharap agar para peserta bisa berperan serta dalam pemantauan indeks demokrasi ini sehingga jumlah yang didapat pihaknya bisa bersumber dari berbagai kalangan yang ada,” katanya. (Henny)