Berita AktualBerita Daerah

MTQ XIII, Kota Tangsel Juara Umum Lagi

Serang – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi Banten ke-XIII Tahun 2016. Kemenangan ini disambut para peserta Tangsel dengan mengusung Wakil Walikota Tangsel Bunyamin Davne menuju panggung.

Penyerahan piala juara umum MTQ Tingkat Provinsi Banten tersebut dilakukan Sekda Banten Ranta Suharta kepada Walikota Tangsel Airin Rachmi Dianis pada penutupan kegiatan tersebut di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Senin malam (11/3). Kemenangan Kota Tangsel menjadi juara umum yang kedua kali setelah tahun sebelumnya juga menjadi juara umum pada MTQ-XII di Kabupaten Lebak.

Berdasarkan penilaian dewan hakim, Kota Tangerang Selatan meraih juara umum karena memperoleh nilai tertinggi yaitu 116, disusul peringkat dua Kota Serang dengan nilai 90 dan peringkat tiga Kabupaten Serang dengan nilai 86. Sementara itu, Kabupaten Lebak meraih posisi ke empat dengan nilai 60, disusul nilai 34 Kabupaten Tangerang di peringkat lima, peringkat enam nilai 26 diraih Kabupaten Pandeglang, posisi ke tujuh nilai 21 diraih Kota Tangerang, dan urutan terakhir nilai 8 diraih Kota Cilegon.

Sementara itu, juara pawai ta’aruf kafilah terbaik diraih tuan rumah MTQ yakni Kota Serang dengan niali 270, juara dua nilai 267 diraih Kota Tangsel dan posisi tiga nilai 265 Kabupaten Tangerang.

Sementara peserta terbaik cabang tilawah dewasa qori terbaik pertama dengan nilai 98,00 diraih Fathullah asal Kota Serang, terbaik II nilai 97.00 Darmadi Rosid asal Tangerang Selatan dan terbaik tiga Mansur asal Kabupaten Lebak. Adapun peserta terbaik cabang tilawah dewasa perempuan diraih Cucu Marliah asal Tangsel, terbaik dua Oom Komariah asal Kota Serang, dan terbaik tiga Uswatun Hasanah asal Kabupaten Pandeglang.

Sekda Banten Ranta Suharta mengaku bangga dengan prestasi para qori dan qori’a Banten. “Kita akan segera mencarikan pelatih tingkat nasional untuk mempersiapkan diri ke MTQ tingkat nasional di Lombok, NTB,” ujar Ranta usai penutupan acara. Ia mengaku tidak meragukan kemampuan para peserta dari Banten karena memang selalu menorehkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. “Kemarin saja kita menjadi juara dua nasional waktu ada pertandingan di Kedutaan Saudi Arabiah, begitu juga waktu tingkat internasional,” ujarnya.

Ketua Harian LPTQ Banten Sibli Sarjaya menambahkan LPTQ Banten akan melakukan pemantapan dan pembinaan terhadap juara MTQ Banten, dalam rangka menghadapi MTQ Nasional di Mataram Nusa Tenggara Barat Juli 2016 mendatang. “Saya berharap Banten menjadi juara pada ajang MTQ Nasional tersebut,” ujarnya.

Rencananya, MTQ XIV tahun 2017 mendatang akan berlangsung di Kabupaten Serang. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku pihaknya akan mempersiapkan diri untuk MTQ mendatang. “Prestasi peserta kita tahun ini turun dari juara dua ke juara tiga. Mudah-mudahan pada MTQ mendatang kita bisa lebih baik lagi,” ujarnya. (adv)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"