Berita AktualBerita DaerahBerita Pendidikan

Tes Seleksi Masuk TNI Diserahkan ke Daerah

Cilegon Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mulai mencari calon anggota lagi. Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang seleksinya diadakan di pusat, tahun ini seleksi dan penerimaan sudah dipercayakan di daerah masing-masing.

Khusus Banten, putra-putri setempat diberi kuota 50 orang untuk dijadikan anggota tamtama. “Jadi nanti pendaftaran dan seleksi diadakan di makorem di Serang,” kata Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf. Aji Mimbarno ditemui Jumat pagi (12/2/2016).

Sejak beberapa hari lalu, sosialisasi penerimaan calon anggota tamtama ini sudah mulai dilakukan tidak hanya oleh pihak korem saja tetapi juga sejumlah kodim yang berada di bawah naungan Korem 064 Maulana Yusuf. “Hal ini sebenarnya menguntungkan bagi para pendaftar karena mereka tidak harus berkompetisi dengan para pendaftar lain se-Indonesia tetapi cukup kompetisi sedaerahnya saja,” ujar Dandim.

Sementara untuk persyaratan menjadi anggota tamtama masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, Dandim mengaku pihaknya akan lebih aktif melakukan sosialisasi. “Kami bekerjasama dengan dinas pendidikan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.”

Dandim 0623 Cilegon juga menekankan bahwa pendaftaran menjadi calon anggota TNI tidak dipungut biaya sama sekali. “Makanya kalau ada yang mengetahui pendaftaran dan proses masuk TNI ini dipungut biaya tolong lapor ke saya. Karena semua biaya pendaraftaran dan bahkan selama pendidikan ditanggung oleh negara. Saya tidak akan segan-segan menindak oknum anggota yang berani melakukan ini.”

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cilegon Nikmatullah mengaku menyambut baik gagasan penyaringan calon anggota TNI melalui sekolah-sekolah. “Nanti akan kami bantu sosialisasikan.” (henny)