Penyaluran Dana BOS Banten Meningkat 600 Miliar

Serang- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kembali akan digulirkan. Untuk tahun 2016 ini, anggaran BOS untuk Provinsi Banten yang digulirkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebeser 1,9 miliar.

Menurut Gubernur Rano Karno, jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun kemarin yang hanya 1,3 trilyun. Ini berarti, ada peningkatan sebesar 600 miliar rupiah.

“Peningkatan anggaran ini terjadi setelah wewenang SMA atau SMK beralih ke Provinsi. Dari 1,9 trilyun yang dianggarkan, Provinsi nanti akan menyebarkannya ke Kabupaten dan Kota,” ujar Rano, Selasa (2/2/2016).

Selasa pagi, Gubernur Banten menandatangani nota kesepakatan (MOU) naskah perjanjian dana BOS antara Dinas Pendidikan Provinsi Banten dengan Bank Jawa Barat sebagai Bank penyalur, dan penandatanganan nota perjanjian hibah daerah antara Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kota tahun anggaran 2016.

Pengalokasian dana bos untuk Kabupaten Lebak sebesar Rp215 miliar, Kabupaten Pandeglang sebesar Rp210 miliar, Kabupaten Serang Rp245 miliar, Kabupaten Tangerang Rp309 miliar, Kota Cilegon sebesar Rp75 miliar, Kota Serang sebesar Rp130 miliar, Kota Tangerang sebesar Rp309 miliar, dan Kota Tangsel Rp212 miliar. (henny)