“Kalau Tak ada TMMD, Mungkin Masih Lama Bisa Perbaiki Mushola”

TMMD Perbaiki Mushola

Cilegon, beritaindonesianet-Program Tentara Manunggal Membangun Desa di Kampung Langon, Desa Mekar Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, ternyata bukan hanya menyentuh masyarakat miskin saja, program kegiatan TNI yang ke-95 ini ternyata juga menyentuh sejumlah fasilitas umum yang dipergunakan masyarakat.

Selain pembedolan jalan sepanjang 2 kilometer dengan 5 meter dari Kampung Langon I hingga Langon III, kegiatan TNI bersama masyarakat ini juga dilakukan dengan memperbaiki Mushola Al Hidayah di kampung setempat. “Mushola ini tadinya mau roboh dan sudah banyak bocor. Kalau sholat juga tidak tenang takut roboh atapnya,” kata Syaifullah, ketua RT setempat Minggu (18/10).

Perbaikan mushola selebar 6 x 8 meter ini dilakukan para anggota satgas bersama masyarakat setempat. “Kalau nggak ada program TMMD ini, mungkin masih lama kami bisa menggalang dana untuk memperbaiki mushola ini,” ujar Syaifullah.

Menurut Syaifullah, Mushola ini merupakan salah satu fasilitas umum yang sering dipergunakan masyarakat untuk kegiatan bersama selain tempat ibadah. “Kalau ada pertemuan warga terkadang juga mempergunakan mushola ini, tapi ya itu tadi, selama ini kami was-was kalau mau ibadah dan ada kegiatan di mushola ini takut tertimpa atap.”

Sejak TNI melakukan program TMMD di kampung ini, Mushola ini pun mulai direhap. “Kami memperbaiki plafon atas yang diganti dengan baja ringan, terus risplang, dan siku-sikunya diganti. Dinding mushola juga kita cat,” ujar Kasih Teritorial Kodim 0623 Cilegon Kapten Inf. Gatot W.

Pasi Ter mengakui pentingnya fungsi mushola ini bagi masyarakat setempat, terutama untuk beribadah. “Di sini masyarakatnya kompak, kalau azan warga sudah berdatangan sendiri dan sholat di mushola,” ujar Gatot yang memang tinggal di rumah masyarakat yang berada di dekat mushola Al Hidayah.

Rencananya, mushola ini akan selesai diperbaiki seiring penutupan Program TMMD tanggal 28 Oktober mendatang. “Mudah-mudahan perbiakan mushola ini bisa membuat warga tenang beribadah,” ujar Gatot. (hen)