Berita AktualBerita Daerah

Peringatan Hari Dharma Karyadika di Tanggamus Diwarnai Donor Darah

KOTAAGUNG, beritaindonesianet-Dalam rangka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan HAM RI Ke 75 ( Hari Darma Karyadika) yang jatuh tanggal 30 Oktober 2020, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) Kotaagung mengadakan donor darah Senin, (26/10).

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pringsewu, aksi ini diikuti oleh Karutan dan Kalapas Kotaagung beserta seluruh jajaran.

Acara dibuka langsung oleh Karutan Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh. Turut Hadir Kalapas Kotaagung Beni Nurrahman serta Tim Medis dari PMI Cabang Pringsewu yang di Ketuai dr. Nala.

Dalam sambutannya, Sobirin mengatakan bahwa aksi donor darah ini adalah wujud kepedulian sosial petugas pemasyarakatan pada kemanusiaan.

“Donor darah tentunya sangat bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan, dan untuk pendonor juga berefek baik bagi kesehatan”. Terang Sobirin.

Sobirin juga menyampaikan terimakasih kepada Tim Medis PMI Cabang Pringsewu yang telah besedia memfasilitasi jalannya kegiatan donor darah, meskipun ditengah masa pandemi.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Lapas Kota Agung Beni Nurrahman yang turut berpartisipasi mendonorkan darahnya juga mengatakan kegiatan ini di ikuti oleh 40 orang pegawai.

Aksi Donor ini harus diawali dengan pengecekan kesehatan meliputi tekanan darah, riwayat sakit dan kesehatan, dan pengetesan golongan darah.

“40 orang pegawai ikut pengecekan darah awal setelah di cek ternyata ada beberapa orang yang tidak dapat mengikuti donor darah dikarenakan kondisi kesehatan. Selain itu ada yang berat badannya yang kurang, ada juga yang tensi darah rendah, maka mereka tidak dibolehkan untuk mendonorkan darahnya” Ujar Beni.

Sementara itu, salah satu petugas Rutan Kota Agung Bayu yang bertugas di Satuan Keamanan mengatakan, dirinya sangat senang dengan diadakannya acara tersebut.

“Awalnya sih saya deg-degan, ada rasa takut sedikit, tapi saya pikir pasti manfaatnya bagus buat kesehatan, dan juga membantu kemanusiaan dan orang-orang yang membutuhkan darah kita. Setelah donor saya merasa enakan dan turut senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Justru saya berharap kegiatan ini Rutin digelar,” pungkas bayu.(*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"