Berita AktualBerita Daerah

IKI PTPN VII Beri Pelatihan Menanam Hidroponik

 

BANDARLAMPUNG, Beritaindonesianet-Gaya hidup go green sedang dicanangkan banyak orang. Salah satunya berkebun tanaman hidroponik. Sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan sekitar dan mendukung program go green IKI Pusat PTPN VII menggelar pelatihan tanaman hidroponik bagi anggotanya.
Wakil Ketua IKI Ny. Husairi mengatakan, pelatihan ini diberikan agar para anggota IKI dapat mengembangkan tanaman hidroponik di rumah masing-masing.
Apalagi budidaya ini cukup mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas.
Menuutnya, ada banyak opsi ketika kita ingin membantu suami dalam mendapatkan tambahan rezeki. Salah satunya dengan memanfaatkan sistem budidaya tanaman sayuran melalui budidaya hidropinik.
Hidroponik adalah sistem pertanian modern atau suatu teknik budidaya tanaman dengan menggunakan media (media air dan bahan yang bersifat porus, misalnya arang sekam, pasir, batu apung, dan batu kali).
Hidroponik tidak tergantung pada tempat dan musim (luas tanah dan ketinggian tempat) karena dapat dikelola secara khusus dan kondisi lingkungan terkontrol.
Kreativitas kita para ibu di rumah, dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah, meskipun hanya beberapa meter persegi, dengan metode hidroponik tetap bisa dilakukan.
Dengan demikian, pada saatnya, setiap rumah akan mempunyai tanaman. Dan itu artinya, kita sudah mendukung pelestarian bumi dari kerusakan akibat polusi udara. Istilah populer tentang penyelamatan bumi ini biasa disebut go green. Makna harfiahnya adalah kembali kepada kelestarian alam melalui kampanye penghijauan.
Go green sesungguhnya adalah suatu ikhtiar yang sangat mulia, tetapi bisa kita lakukan dengan aktivitas sederhana. Membuang sampah pada tempatnya, terlebih jika kita pilahkan antara sampah organik dengan yang anorganik. Juga memelihara tetumbuhan yang ada di seputar kita, memakai kendaraan yang tidak membuat polusi atau rendah emisi,  atau bahkan memilih jalan kaki untuk beraktivitas ringan.
Seperti halnya yang kita lakukan saat ini mengurangi sampah plastik dengan membawa botol tumbler sebagai pengganti botol pelastik.
Mengganti botol minum kemasan menjadi botol tumbler merupakan salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi limbah botol plastik. Selain ramah lingkungan, kita juga dapat mengurangi polusi yang disebabkan dari botol plastik.
Mari kita galakkan go green dari yang sederhana, dari yang kita bisa, dari diri kita,  dan dari sekarang.
Ia juga meminta kepada semua anggota IKI, untuk bersama-sama mendorong para suami bekerja dengan meningkatkan kinerja dan produktivitas.
“Saya yakin dan percaya ibu-ibu dapat memberikan semangat kepada para suami dalam mewujudkan “PTPN VII Kembali Bangkit dan Jaya”, tegasnya.
Pada kesempatan itu, ibu-ibu IKI diberikan
Pelatihan  oleh  dari Jaya Anggara Farm I Ketut Kamajaya, di Gedung Pertemuan PTPN VII, Sabtu (15/2).
Menurut Ketut, Budidaya tanaman hidroponik merupakan metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Sebagai penggantinya, media tanaman bisa dibuat dari sabut kelapa, pasir, pecahan genteng, serbuk kayu, dan lain sebagainya.
Keunggulan tanaman ini bebas peptisida, perawatan lebih mudah, hemat pupuk, tanaman lebih cepat tumbuh dan harganya mahal.
Budidaya tanaman hidroponik dibagi menjadi tiga jenis sayuran daun, sayuran buah dan sayuran bunga. (mba)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"