P3JH: Jamaah Haji Rawan Terpisah dari Rombongan

Makkah, beritaindonesianet-Mendekati kedatangan jamaah haji gelombang dua, jumlah jamaah haji di Mekkah semakin bertambah. Hal ini disebabkan pergerakan jamaah dari Madinah yang semakin banyak.

Sebagian besar haji asal Indonesia melaksanakan haji Tamattu, di mana jamaah akan menyelenggarakan umroh wajib terlebih dahulu sebelum melaksanakan umroh. Ketika tiba di Mekkah, jamaah asal Indonesia telah berihram untuk melaksanakan umrah di Masjidil Haram.

Meski jumlah jamaah per kloter telah dibagi lagi berdasarkan rombongan-rombongan yang dipimpin oleh kepala rombongan, tetap saja jumlahnya masih terbilang banyak. Sehingga jamaah rawan ada yang terpisah dari rombongan.

Tim P3JH (Petugas Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji) Kementerian Agama RI mencatat peningkatan angka jamaah yang terpisah dari rombongannya. “Dalam beberapa hari terakhir rata-rata jamaah yang terpisah dari rombongan sebanyak 25 orang yang selanjutnya didampingi oleh Tim P3JH. Terpisahnya jamaah sebagian besar disebabkan keletihan saat tawaf atau sai sehingga tertinggal dari rombongan. Untuk di masjidil Nabawi biasanya jamaah lupa untuk kembali ke pintu masuk atau ke arah hotel”terang dr.Mahesa Paranadipa, wakil koordinator Tim P3JH yang saat ini bertugas di Mekkah.

“Sangat disarankan para jamaah haji Indonesia untuk tidak melupakan hal-hal penting seperti : 1) gelang identitas; 2) tanda pengenal lainny; 3) Kartu nomor Bis Shalawat dan nomor hotel; 4) fotokopi visa. Jangan sungkan untuk bertanya ke petugas haji. Namun perhatikan tanda pengenal petugas haji untuk menghindari dari penipuan” tambah dr.Mahesa.

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"