Menkeu: Jangan Bandingkan Gaji Pejabat Indonesia-Malaysia

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan gaji pejabat di Indonesia dan Malaysia jangan dibandingkan. Menkeu menegaskan, setiap negara memiliki kebijakan berbeda terkait penetapan gaji pejabatnya.

“Kan situasi ekonomi, politik sosial beda,” ucap Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (28/5/2018).

Berbeda dengan di Indonesia, Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad justru akan memotong gaji pejabat di kabinetnya sebesar 10 persen untuk mengurangi utang negaranya yang sebesar 1 triliun ringgit. Menurut Sri Mulyani, Malaysia sedang menghadapi situasi yang dramatis dalam arti mengelola politik, ekonomi, dan sosial.

“Indonesia dalam situasi sekarang punya APBN, ekonomi sedang kita kelola,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, setiap negara memiliki kebijakan sendiri terkait penetapan gaji pejabatnya yang disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi masing-masing negara. “Tiap negara memiliki keputusan terkait kebijakan yang sesuai dengan konteks yang mereka hadapi,” katanya.

Sebelumnya Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika juga mengatakan, posisi utang Indonesia saat ini masih dalam posisi yang aman dan dalam pengelolaan yang baik. Jumlah utang pemerintah per April 2018 dianggapnya masih dalam posisi aman yakni sebesar Rp4.180,61 triliun atau 29 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).(rol)