Berita AktualBerita Internasional

Moon Jae-in Tiba di Perbatasan, Siap Sambut Kim Jong-un

Internasional – Presiden Moon Jae-in dilaporkan sudah tiba di Zona Demiliterisasi (DMZ) untuk menyambut pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, yang akan berjalan melintasi garis perbatasan dalam pertemuan bersejarah kedua negara pada hari ini, Jumat (27/4/2018).

Setibanya di DMZ, Moon langsung bersiap, sementara para petugas sudah bersiaga di dekat garis perbatasan kedua negara.

Moon tiba setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih setengah jam dari jantung ibu kota.

Dalam pertemuan bersejarah ini, Moon didampingi delegasi yang terdiri dari tujuh pejabat, termasuk menteri pertahanan, menteri luar negeri, dan menteri unifikasi.

Kim dan Moon kemudian akan menyiram pohon dengan air yang dibawa dari Sungai Taedong di Korut dan Sungai Han di Korsel. Sementara itu, Kim akan didampingi sembilan pejabat, termasuk adik perempuannya yang memimpin delegasi Korut ke Olimpiade Musim Dingin di Korsel pada Februari lalu, Kim Yo-jong, serta kepala negara seremonial, Kim Yong-nam.

Perbincangan resmi antara Kim dan Moon akan dimulai pada 10.30 waktu setempat atau 8.30 WIB di Rumah Perdamaian di Panmunjom, satu jam setelah Kim dijadwalkan melintasi perbatasan pada 7.30 WIB.

Setelah sesi dialog pertama, Kim dan Moon akan makan siang secara terpisah sebelum menggelar upacara penanaman pohon di sore harinya.

Pohon pinus itu akan ditanam di garis demarkasi untuk menandakan “perdamaian dan kemakmuran,” menggunakan tanah dari Gunung Paektu di Korut dan Gunung Halla di Korsel.

Setelah itu, Moon dan Kim akan berjalan bersama di Panmunjom kemudian memulai sesi pembicaraan selanjutnya.

Di akhir pembicaraan, Kim dan Moon akan meneken pakta dan membuat pernyataan. Pertemuan bersejarah ini lantas akan ditutup dengan makan malam di wilayah Korsel dan menonton video bertema ‘Musim Semi Kesatuan.’.(cn)