Berita AktualBerita Daerah

Hadapi Mudik Lebaran 2018, Loket Pembelian Tiket di Pelabuhan Merak Bakal Bertambah

Cilegon – Pelabuhan Merak yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tengah bersiap menghadapi lonjakan penumpang jelang arus mudik Lebaran 2018. Salah satu caranya dengan memfasilitasi calon penumpang untuk bisa lebih mudah membeli tiket.

Commercial Director PT ASDP Yusuf Hadi mengatakan, pemudik yang hendak menyeberang di Pelabuhan Merak akan dimudahkan lewat penambahan loket pemesanan tiket di tempat tersebut.

“Sampai di Pelabuhan (Merak), kita menyiapkan loket lebih banyak. Yang biasanya 5 loket untuk pejalan kaki, jadi 31 loket, bertambah 26 loket,” jelasnya di Pelabuhan Merak, Cilegon, Senin (9/4/2018).

Tidak hanya loket bagi penumpang pejalan kaki, ASDP juga menambah keberadaan tempat pemesanan tiket on the spot untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat sejenis mobil pribadi dan bus.

Untuk sepeda motor, dari 2 loket bertambah menjadi 34 loket, dan loket kendaraan roda empat bertambah sembilan pos, yakni dari 8 loket jadi 17 loket.

Sementara itu, Corporate Secretary PT ASDP Imelda Alini memaparkan, akan disediakan dua buffer zone untuk pemesanan tiket di luar Pelabuhan Merak, salah satunya di km 43 Ruas Tol Jakarta-Merak.

“Kita juga siapkan satu buffer zone di jalan arteri, yaitu di Hotel Grand Mangku Putra di Kota Cilegon,” kata dia.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, ASDP juga sudah bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti Alfamart, Indomaret, Pertamina, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, sampai PT Pos Indonesia untuk bisa mendistribusikan tiket mudik ke Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni di selatan Sumatera.

“Jadi pemudik nanti bisa memesan tiketnya di tempat-tempat, seperti Alfamart, Indomaret, sampai SPBU,” pungkas dia.(L6)