Berita AktualBerita Daerah

Seleksi Anggota KPU Banten, 95 Orang Daftarkan Diri

Serang – Terdiri dari 84 pria dan 11 perempuan, sebanyak 95 nama telah menyerahkan berkas pendaftaran seleksi calon anggota KPU Banten. Berdasarkan jenjang pendidikan, para calon peserta seleksi itu terdiri atas S1 sebanyak 60 orang, S2 sebanyak 32 orang, dan S3 sebanyak 3 orang.

“Alhamdulillah cukup banyak masyarakat yang antusias mendaftar. Di daerah lain ada yang sedikit. Yang paling banyak pendaftar di Sulawesi Selatan,” jelas Lili Romli, Ketua Timsel Calon Anggota KPU Banten, saat konferensi pers di Sekretariat Timse Calon Anggota KPU Banten, di Kota Serang, Senin (26/2/2018).

Dikatakan, para pendaftar ini akan menjalani tahap penelitian dan penilian administrasi terlebih dahulu. Pemeriksaan administrasi akan mempertimbangkan berbagai aspek, di antaranya kelengkapan administrasi, penilaian kompetensi yang berkaitan dengan pengalaman kepemiluan, karya tulis, dan publikasi di bidang pemilu. Pertimbangan lain adalah pembobotan jenjang pendidikan dan pengalaman organisasi. “Pembobotan jenjang pendidikam bobotnya 50 persen. Untuk pengalaman organisasi nilainya berbeda-beda, KPU/bawaslu tingkat provinsi nilainya 100, KPU/bawaslu kab/kota nilainya 75, organisasi kepemiluan 50, dan organisasi non kepemiluan 25.

“Dari 95 pendaftaran, maksimal 60 untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Jika memenuhi syarat semua maka akan diranking,” ujarnya.

Dikatakan, peserta yang lolos seleksi administrasi ini akan diumumkan pada 28 Februari. Mereka yang lolos administrasi akan menjalani tes sistem komputer pada 7 Maret. “Untuk tes ini kita akan kerja sama dengan Unsera,” ujarnya.

Lebih lanjut Lili juga menegaskan bahwa Timsel mengharapkan masukan dari masyarakat terhadap nama-nama yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, terkait dengan integritas calon. “Masukan dan tanggapan disampaikan secara tertulis kepada Timsel,” ujarnya. (red)