Berita AktualBerita Daerah

Bawaslu Banten Awasi Petugas PPDP yang Tak Bekerja

Serang – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten Didi M Sudih mengaku pihaknya mewaspadai sejumlah permasalahan yang berpotensi terjadi pada saat pencocokan dan penelitian (Coklit) data di masyarakat yang akan dilakukan KPU penyelenggara pilkada sejak 20 Januari hingga 18 februari 2018 mendatang.

Pengawasan ini salah satunya kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), yang saat pendataan di lapangan sebelumnya ternyata ada yang bermasalah.

“Kami menemukan masih ada petugas yang menyetorkan data tetapi saat dicek di lapangan ternyata tidak bekerja,” ungkap Didi, kemarin.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin mengakui pihaknya akan mulai melakukan pencoklitan sejak tanggal 20 januari hingga 18 februai 2018. Ia mengakui masih adanya oknum petugas PPDP yang mencoba memanfaatkan situasi untuk kepentingan sendiri.

“Karena itu, untuk menghindari kejadian serupa, kami melakukan sejumlah upaya, salah satunya dengan diadakannya buku laporan kerja. Apalagi program ini memang dicanangkan oleh KPU RI,” katanya.

Diketahui, Sabtu 20 Januari 2018, KPU secara serentak memulai pencoklitan dengan gerakan Coklit Nasional. Diharapkan dengan adanya gerakan ini, kegiatan pencoklitan yang diadakan semua KPU penyelenggara pilkada bisa diketahui dan didukung oleh masyarakat. (hen)