Berita AktualBerita Daerah

OPD Pemprov Banten Diimbau Tak Tunda Laporan Aset

Serang – Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Provinsi Banten Dwi Sahara yang juga merangkat Kepala Bidang Aset DPKAD mengimbau seluruh OPD untuk bisa menyusun necara aset secara baik.

“Hal ini karena masih ada saja para pengurus barang di OPD yang masih menunda-nunda sistem peng-inputan data dalam pelaporan aset. Padahal hal ini nantinya bisa berpotensi menimbulkan permasalahan dalam peng-inputan data,” ungkap Dwi, kemarin.

Adanya kritikan terhadap para kepala sub bagian umum dan pengurus barang di OPD juga diungkapkan pihak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Banten.

“Kami meminta agar setiap OPD bisa memperbaiki sistem pelaporan mereka agar tepat waktu,” kata Pengendali teknis BPKP Provinsi Banten Arif Supakat.

Meskipun mengungkapkan kritikan terhadap para kepala sub bagian umum dan bagian pengurus barang di setiap OPD, baik Sekdis DPKAD maupun pengendali teknis BPKP  menilai secara umum kualitas kerja mereka sudah semakin membaik. Karena itulah, mereka berpandangan para kasubag umum dan pengurus barang yang mengikuti rapat koordinasi dan rekonsiliasi verifikasi penyusunan neraca aset tahun 2017 pemerintah Provinsi Banten pasti mengerti prosedur pelaporan neraca aset sehingga ke depannya semakin ada penyempurnaan dalam sistem pelaporan yang ada. (hen)