Kapal Tongkang yang Meledak di Pulo Ampel Serang, 5 Tewas

Serang – Sebuah kapal tongkang yang tengah dirakit di areal PT Krakatau Shipyard, di Desa Pulo Ampel, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, meledak pada  Jum’at (11/8/2017).

Meledaknya kapal milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu menelan korban yakni lima pekerja meninggal dunia dan tujuh pekerja lainnya mengalami luka berat. Diduga ledakan bersumber dari tabung gas untuk mengelas pekerjaan kapal tersebut .

“Penyebab ledakan masih kita selidiki, namun dugaan sementara karena ada gas yang terkurung di dalam lambung kapal. Sementara korban yang meninggal ada lima, sedang dilakukan identifikasi,” kata Kapolres Cilegon, AKBP Raden Romdhon Natakusumah, saat dikonfirmasi.

Dikatakan bahwa dalam kecelakaan itu pekerja hendak melakukan pekerjaan. Namun tiba-tiba saja terjadi ledakan kencang. Bahkan ledakan terdengar hingga radius 2 kilometer.

“Sementara kita belum bisa menyimpulkan karena butuh penyelidikan lebih dalam. Namunsemua pihak bersangkutan kita periksa termasuk manejemen, mandor dan lainnya. ” paparnya.

Sementara Kepala SAR Banten, Heru mengatakan, semua korban luka sudah dibawa ke RSUD Cilegon untuk mendapatkan penanganan. Berikut daftar sementara korban luka dan korban jiwa:

Korban meninggal

1. Supriyadi
2. Ivon Efendi
3. Safrudin
4. Ali Misri
5. Supri

Korban luka

1. Dani (luka ringan/IGD RSUD Cilegon)
2. Asmara (luka berat (ICU)
3. Rusman (belum ada keterangan)